Browse By

Usaha Online Tanpa Modal, Bisakah?

Bagikan ke Sosial Media

Sekarang ini banyak sekali orang yang mudah diiming-imingi bisnis online tanpa modal, tapi benarkah ada bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal sama sekali? Jangan mudah percaya jika ada orang yang menawari Anda untuk menjalani usaha online tanpa modal, karena semua usaha dan bisnis yang ada di muka bumi ini pasti membutuhkan modal.

Eits, jangan keburu menutup artikel ini dulu. Bisa dikatakan demikian karena sesungguhnya modal itu tidak hanya berkaitan dengan uang. Sedang kita selalu saja dengan mudah mengaitkan modal dengan sejumlah uang. Tanpa adanya modal dijamin orang tidak akan memiliki tekad yang kuat dalam menjalankan bisnisnya. Modal itu jelas sangat penting untuk dimiliki setiap pebisnis. Apa saja jenis modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha online?

Jenis-jenis Modal Usaha Online

Baik itu usaha online maupun offline, ada beberapa modal yang perlu Anda miliki untuk bisa menjalankan bisnis dengan baik. Adapun jenis modal yang diperlukan antara lain:

1. Sehat Jiwa Raga

Usaha Online Tanpa Modal

Usaha Online Tanpa Modal

Jika ada banyak orang yang ditawari bisnis selalu menolak dan mundur duluan karena merasa tidak punya modal, maka orang tersebut adalah tipe manusia yang tidak mau bersyukur terhadap pemberian Tuhan. Bukankah Tuhan telah menciptakan Anda dengan jiwa raga yang sehat?

Sayangnya sedikit yang sadar bahwa jiwa raga yang sehat adalah modal utama dalam menjalankan usaha apapun. Coba bayangkan jika jiwa dan raga Anda tidak sehat dan butuh bantuan medis, jangankan untuk memulai usaha, untuk menjalani hidup sehari-hari pun akan sangat sulit. Oleh karenanya, syukurilah keadaan jiwa raga yang Anda miliki dan tanamkan dalam hati bahwa modal pemberian Tuhan ini lebih dari cukup untuk menjalankan usaha dan bisnis apapun.

2. Niat dan Komitmen yang Kuat

Usaha Online Tanpa Modal

Usaha Online Tanpa Modal

Jiwa raga yang sehat tidak akan mampu menjalani terjalnya dunia bisnis jika tidak diiringi dengan niat dan komitmen yang kuat. Oleh karena itu, jika Anda sudah berniat untuk menjalani bisnis online, maka Anda harus memiliki komitmen yang kuat untuk terus menjalani prosesnya hingga mencapai keberhasilan. Jangan pernah berhenti di tengah jalan hanya karena kerikil kecil yang menghalangi.

3. Waktu

Usaha Online Tanpa Modal

Usaha Online Tanpa Modal

Memang sebagian besar bisnis online tidak membutuhkan modal uang yang besar, namun Anda membutuhkan banyak waktu untuk bekerja di depan gadget. Tanpa waktu yang diatur dengan baik bisa dipastikan jika Anda akan keteteran menjalani bisnis online ini. Oleh karenanya, sebaik-baiknya modal dalam tiap usaha online adalah bagaimana manajemen waktu Anda.

4. Skill

Usaha Online Tanpa Modal

Usaha Online Tanpa Modal

Seringan apapun usaha online tanpa modal yang akan Anda jalani, Anda akan tetap membutuhkan skill untuk bisa mengembangkan bisnis dengan baik. Oleh karenanya, selalu upgrade skill yang Anda miliki agar usaha yang Anda jalankan berkembang dengan pesat.

Misalnya Anda memilih usaha jual baju online, maka Anda wajib mengembangkan skill pemasaran dengan cara mengikuti training-training online yang kini banyak ditemukan. Jika Anda memilih usaha penulisan, maka kembangkan skill menulis Anda dengan mengikuti kelas-kelas menulis secara online.

5. Uang

Usaha Online Tanpa Modal

Usaha Online Tanpa Modal

Tidak bisa dipungkiri, meskipun hanya sedikit tetap saja setiap usaha online membutuhkan modal uang. Setidaknya untuk bisa terus online, kita membutuhkan modal pulsa internet agar terus terkoneksi.

Selain itu, untuk mengembangkan skill, kita juga perlu banyak mengikuti training. Untuk membeli pulsa internet dan mengikuti training apakah kita tidak membutuhkan uang? Oleh karena itu, tidak benar jika ada yang menawari usaha online tanpa modal, yang benar adanya yaitu usaha online dengan modal minimalis.

Meskipun ternyata apapun jenis usaha online tetap membutuhkan modal, namun modalnya tidak serumit yang kita kira kan? Jadi, dari lima modal tersebut mana yang sudah Anda miliki? Selamat berbisnis ya!


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments