Browse By

Top 5 Tips Memulai Usaha Dengan Berbisnis Secara Online

Bagikan ke Sosial Media

Cara Mendapatkan Uang Lewat Internet

Cara Mendapatkan Uang Lewat Internet

Banyak orang yang berpikiran bahwa dengan memulai usaha mereka akan mendapatkan uang dengan cepat tanpa harus bersusah payah melakukan banyak hal, dan hanya berfikir cukup dengan modal yang banyak sehingga dapat langsung membangun usaha yang di inginkan.

Namun, jika berbisnis semudah seperti itu mungkin dunia ini sudah banyak orang yang sukses dan kaya tentunya…

Bagi anda seorang pemula usaha kecil kecilan sangat cocok untuk anda tekuni, karena berbisnis melalui internet atau berbisnis secara online merupakan sebuah peluang usaha yang bisa dikatakan memiliki banyak informasi yang sangat mudah untuk anda akses melalui internet.

Disamping itu bisnis online bisa dijadikan sebagai usaha sampingan yang bisa dikatakan sangat cocok untuk kalangan pelajar, karyawan maupun ibu rumah tangga. Pernah kah anda membaca tentang kisah-kisah perjalanan seorang yang kini sudah sukses dan mejadi terkenal di seluruh dunia, atau pernahkan anda membaca nasihat atau kata-kata mutiara dari pebisnis sukses.

Berikut beberapa tips untuk memulai usaha anda:

1. Luangkan waktu sebentar dan berpikir tentang apa yang Anda lakukan

Dikutip dari pengusaha sukses “Robert Kiyosaki”

“ Take a minute and think about what you do, day in and day out. Are your daily activities maximizing your true potential? If not, take a minute and think about what activities would take full advantage of your potential. Make a plan. Maximize your potential. “

Dalam bahasa Indonesia kurang lebih berbunyi seperti berikut :

“ Luangkan waktu sebentar dan berpikir tentang apa yang Anda lakukan, hari demi hari. Apakah kegiatan sehari-hari Anda memaksimalkan potensi sejati Anda? Jika tidak, luangkan waktu sebentar dan berpikir tentang kegiatan apa yang akan mengambil keuntungan penuh dari potensi Anda. Membuat rencana. Memaksimalkan potensi Anda. ”

Dari kutipan diatas dapat disimpulkan bahwa memilah dan menentukan hal apa saja yang yang baik atau pun tidak baik untuk dilakukan bagi kesuksesan diri anda sangat lah penting dan tentu akan berpengaruh terhadap hasil yang akan anda peroleh nantinya.

Penuhilah keseharian anda dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang berguna dan manfaatkan waktu yang anda miliki saat ini untuk melakukan semua rencana yang telah anda buat dan hindarilah untuk melakukan hal-hal yang hanya akan mendapatkan manfaat saat ini saja, namun lakukanlah hal yang dapat mendatangkan manfaat bagi anda jangka panjang.

2. “ Learning by doing “

Memang nasihat ini sudah banyak di pakai dan digunakan oleh banyak orang sukses dimana pun, dan bahkan bagi anda sendiri mungkin sudah mendengar kata ini berkali-kali, ya “Learning by doing” yaitu belajar dengan/sambil melakukan.

Memang nasihat ini terlihat sangat simpel dan pendek, akan tetapi mengandung arti yang bisa menentukan apa yang akan dihasilkan tergantung dari yang telah anda lakukan.

Dengan menggunakan konsep ini saya rasa anda bisa langsung memulai ide bisnis anda tanpa harus menjadikan diri anda sebagai ahli terlebih dahulu, dengan learning by doing anda bisa belajar sambil mempraktekan semua ide-ide bisnis anda dan tentunya sambil mempelajari ilmu dan strategi apa saja yang diperlukan untuk menjadikan usaha bisnis anda menjadi sesuai dengan yang diinginkan.

3. Carilah kesalahan anda dan jangan lari dari kesalahan tersebut

Jika anda sudah melakukan sesuatu dalam usaha bisnis anda, akan tetapi tidak adanya sebuah perkembangan serta peningkatan baik dari sisi pendapatan maupun banyaknya jenis usaha yang dijalankan, atau bahkan karena belum menghasilkan di suatu jenis usaha yang sedang anda jalankan akan tetapi sudah berpindah ke jenis usaha lainnya akibat dari kurang fokus atau tidak fokus sama sekali dengan apa yang anda lakukan.

Jika anda merasakan tidak ada nya perkembangan dari jenis usaha yang sedang anda jalankan saat ini, sudah pasti anda sedang sebuah melakukan kesalahan, cari dan gali kesalahan tersebut karena semakin sadar anda terhadap kesalahan yang anda lakukan sendiri artinya anda akan bisa memulai untuk memperbaiki kesalahan tersebut.

Dalam mencari sebuah kesalahan dan memperbaiki tentunya anda harus di bekali dengan banyak pengetahuan tentang bisnis yang akan anda jalankan atau sedang anda jalankan saat ini, perlu dan penting anda ingat bahwa pengetahuan itu adalah sebuah asset, akan tetapi tidak bisa di katakan sebagai sebuah asset jika anda tidak menerapkan terhadap apa yang anda pelajari dan telah anda ketahui.

4. Pikiran Anda akhirnya adalah aset terbesar Anda

Sebelum anda memulai dengan usaha yang akan dijadikan sebuah asset yang kasat mata atau real bisa dilihat dengan mata, tentunya hal pertama yang harus anda miliki adalah sebuah pikiran atau pengetahuan.

Perlu anda ketahui untuk memulai sesuatu apapun dengan hasil sebuah keberhasilan tentunya harus di bekali dengan pemikiran dan pengetahuan, seperti yang di kutip dalam kata mutiara berikut ini :

“ Your mind ultimately is your greatest asset. Be very careful of what advice you put in it and who gives it to you.”  –Robert Kiyosaki–

Dalam bahasa Indonesia kurang lebih berbunyi seperti berikut :

“ Pikiran Anda akhirnya adalah aset terbesar Anda. Berhati-hatilah saran apa yang anda terima dan siapa yang memberikan saran itu kepada anda “

Bagian ini sangat penting untuk anda gunakan sebagai pikiran utama anda dalam mengumpulkan dan mempelajari serta mendalami semua hal yang berhubungan dengan usaha bisnis anda.

Carilah semua pengetahuan dari berbagai sumber namun tentunya pastikan anda mendapatkan sumber yang bisa di percaya dan tentunya ilmu yang di informasikan atau di sampaikan berasal dari pelaku bisnis yang memang sudah melakukan apa yang telah dia bagikan kepada orang lain yang ingin menekuni usaha bisnis.

Yang perlu anda waspadai adalah jangan menerima masukan, saran dan informasi yang dibaca semuanya anda terima dan anda lakukan tanpa perlu memilah mana yang berupa informasi yang tidak  masuk akal dan mana yang tentunya berupa sebuah langkah dan masukan yang bisa membawa anda kepada sebuah keberhasilan.

Semakin banyak anda belajar dari berbagai sumber tentunya akan semakin banyak ilmu yang anda dapat dan bisa anda kumpulkan dan anda kembangkan sebagai cara atau metode baru dalam menjalan usaha bisnis anda.

5. Waktu untuk memulai

Jangan menunggu waktu yang tepat sebagai sebuah alasan anda selalu menunda untuk memulai usaha yang sudah anda rencanakan. Seperti kutipan kata mutiara dari Robert Kiyosaki berikut ini :

“The “time to start” will never be perfect. The heavens won’t open as your sign of a sure thing. Get up and get going now. “

“Waktu untuk memulai” tidak akan pernah sempurna. Langit tidak akan membuka sebagai tanda Anda dari sesuatu yang pasti. Bangun dan pergi sekarang.”

Bersegeralah memulai terhadap semua yang telah anda rencanakan dan bersegara lakukan terhadap apa yang telah anda ketahui, karena ide kecil ataupun ide sederhana akan lebih berarti jika dibandingkan dengan segudang ide brilian akan tetapi anda tidak pernah memutuskan untuk memulai.

Sekian 5 tips untuk memulai usaha yang diharapkan bisa menjadi motivasi bagi anda semua, mulailah dari sekarang anda bisa mempelajari banyak hal tentang ilmu marketing online, anda bisa belajar secara sistematis dan terarah sehingga bagi anda pemula bisa mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan untuk memulai usaha secara online.

Baca Selengkapnya:
Bingung Mau Usaha Apa? Kuncinya Adalah Hobi!
6 Contoh Usaha Kecil untuk Fresh Graduate yang Enterpreneur
Prospek Usaha yang Menjanjikan bagi Pebisnis Pemula

Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments

  • http://cariuanglewatinternet.com/ Cariuanglewatinternet.com

    Mau Tau 5 Tips Memulai Usaha !