Browse By

Tips Usaha Kuliner Soto Lamongan Khas Jawa Timur

Bagikan ke Sosial Media

Tips Usaha Kuliner

Tips Usaha Kuliner, photo : cookpad.com

Sedang mencari tips usaha kuliner soto lamongan? Yup, mungkin Anda membuka usaha warung makan. Menu istimewa soto lamongan cocok dijadikan target bisnis kuliner. Meskipun semakin banyak penjual soto yang dagangannya selalu laris manis. Menandakan bahwa kelezatan soto disukai oleh siapapun, bahkan para wisatawan asing.

Beberapa tips usaha kuliner perlu dipahami sebelum Anda ikut meramaikan khasanah perdagangan soto khas Jawa timur. Persaingan ketat membuat para pedagang baru harus menyusun langkah tepat. Selain kekhasan rasa dari bumbu dan bahan peracik soto, posisi warung makan harus terjangkau.

Tips Usaha Kuliner Soto Lamongan Khas Jawa Timur

1. Menentukan Lokasi Usaha Soto Lamongan

Tips usaha kuliner soto lamongan secara lokasi dapat dimulai dari halaman rumah atau mungkin menyewa lokasi di tempat lain. Memulai usaha dengan menyewa tempat akan lebih baik daripada membeli tempat usaha yang membutuhkan modal lebih besar

Selain itu, pemilihan posisi warung soto harus strategis dengan sejumlah pusat keramaian, antara lain di sekitaran jalan yang banyak dilalui oleh kendaraan serta pejalan kaki, dekat pasar dan perumahan, dekat sekolah dan kantor, dekat rumah sakit, dan lain-lain.

2. Memperhitungkan Modal Usaha

    Perhitungan modal usaha warung soto lamongan pada umumnya digunakan untuk sewa lokasi, renovasi dan dekorasi, juga membeli peralatan masak dan bahan baku. Tambahan lain seperti pengurusan ijin usaha serta pembuatan spanduk di depan warung.

3. Menentukan Harga Jual Soto Lamongan

Menentukan harga jual pada usaha ini bergantung pada beberapa hal seperti harga pasaran soto yang variatif. Sekitar 12 ribu untuk skala warung dan maksimal 25 ribu rupiah untuk skala restoran. Patokan harga bergantung pada target pembeli. Kalau menjual soto lamongan di lingkungan ramai seperti kampus, sekolah, dan pabrik, sebaiknya tidak memberikan cakupan harga yang terlampau tinggi.

4. Melakukan Survei Konsumen dan Rencana Inovasi

Survei dilakukan agar usaha ini memiliki patokan dan perbandingan dalam kebutuhan usaha antara lain untuk harga bahan baku, kebutuhan peralatan, fasilitas lokasi, serta inovasi menu yang disukai masyarakat. Misalnya menambahlan iga atau kikil sapi agar citarasa soto lamongan lebih padat dan nikmat.

5. Mematangkan Persiapan Usaha Soto Lamongan

Tips usaha kuliner soto lamongan mendorong Anda untuk melakukan persiapan yang sebaik mungkin. Sebelum bisnis mulai berjalan, lakukan renovasi tempat, pengaturan ruangan termasuk bagaimana posisi meja dan kursi, dan menyiapkan bahan baku serta peralatan masak.

6. Mempersiapkan Resep Untuk Usaha Kuliner Soto Lamongan

Persiapan terpenting sebelum berbisnis makanan adalah melakukan uji coba selama beberapa kali guna mendapatkan citarasa yang cocok di lidah semua orang, Kemudian, mintalah pendapat dari orang-orang terdekat untuk memperoleh kritik serta saran yang tepat. Untuk itu, rekomendasi resep yang berikut ini mungkin dapat menginspirasi!

     Umumnya resep soto lamongan itu sangat mudah. Cukup menyiapkan seekor ayam kampung sebagai bahan utamanya. Ditambah bahan lain seperti serai yang dimemarkan, beberapa lembar daun jeruk, dan jangan lupa masukkan garam dan gula secukupnya. Selain itu, perlu dihaluskan bumbu seperti beberapa siung bawang putih dan bawang merah, kemiri sangrai, kunyit bakar, dan juga jahe.

Akan tetapi, resep soto lamongan Anda belum cukup tanpa kehadiran soun, seledri, telur rebus, tomat, tauge, dan juga kol yang diiris tipis. Dan supaya lebih sedap perlu ditambah dua sendok makan bawang goreng.

Cara masaknya, rebus air beserta ayam kampung sampai mendidih kemudian saring kaldunya untuk membuang ampas dan kotoran. Setelah itu, kuah soto harus dipanaskan lagi. Sementara itu, menunggu kuahnya mendidih, tumislah bumbu halus bersama serai dan juga daun jeruk sampai tercium aroma harum. Masukkan bumbu halus ke dalam kuah kaldu. Jangan lupa bubuhkan garam dan gula pasir. Terakhir, goreng suwiran ayam kampung sampai kecokelatan.

Setelah semuanya siap, soto lamongan siap disajikan bersama pelengkap dan sambal. Tapi jangan cepat puas dengan satu atau dua resep. Memang butuh sekian banyak percobaan resep agar hasil berjualan bisa maksimal. Selamat mencoba tips usaha kuliner khas Jawa Timur!

Baca Selengkapnya :
Tips Meraup Untung dari Peluang Bisnis Makanan Organik
Catering Bento, Contoh Usaha Kuliner Unik yang Menggiurkan!
Cara Jitu untuk Memulai Bisnis Online Makanan Ringan
Cara Memulai Usaha Kuliner yang Meroket

Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments