Browse By

Tips Meraup Untung dari Peluang Bisnis Makanan Organik

Bagikan ke Sosial Media

Peluang Bisnis Makanan

Peluang Bisnis Makanan

Peluang bisnis makanan sehat atau organik mulai menggeliat di tangan pengusaha kuliner spesial organik food. Menembus dinding persaingan dengan segudang bisnis kuliner populer cukup menantang diantara makanan cepat saji, makanan beku atau frozen food, dan waralaba makanan ringan.

Meskipun masih terbatas, namun peluang bisnis makanan organik pun tidak kekurangan peminat. Kesadaran masyarakat tentang pola hidup sehat membuat bisnis ini semakin diminati. Memilih menu sehat berbahan alami merupakan alternatif tepat jika ingin mengurangi konsumsi makanan padat.

Nah, kalau Anda tertarik untuk ikut meramaikan tren kuliner unik dengan bahan organik, ada beberapa tips penting yang mungkin bermanfaat. Baik bntuk bisnis makanan organik di warung makan, maupun untuk sistem waralaba atau franchise.

5 Contoh Peluang Bisnis Makanan Organik

1. Mie Sayuran

Salah satu jenis makanan yang menjadi favorit masyarakat adalah mie. Kini, inovasi mie sehat terbuat dari ekstrak sayur dan buah. Mie dari sayuran seperti bayam, wortel, sawi, dan bahan organik lain memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Tak heran kalau menu ini sangat disukai masyarakat luas.

Tips:

Selama membuka usaha mie organik, pastikan bahwa olahan mie terbebas dari bahan-bahan kimia. Saat ini banyak produsen menjual mie organik kemasan. Namun Anda pun bisa mengolah sendiri bahan baku mie dari aneka sayuran segar untuk menjamin kualitas usaha ini.

2. Restoran Jamur dan Nasi Merah Organik

Tren restoran jamur kini cukup menjamur dengan subur. Berbagai menu olahan jamur selalu menjadi incaran sedap dari para peminat kuliner organik. Selain harga bahan baku jamur sangat terjangkau, keuntungan dari peluang bisnis makanan ini sangat menggiurkan.

Jika tertarik untuk mencoba usaha ini, Anda bisa menciptakan menu spesial dari olahan jamur didampingi nasi merah. Menarik dan sangat menyehatkan, perpaduan menu organik antara jamur, nasi merah, ditambah dengan satu atau dua jenis sayuran. Inilah peluang bisnis kuliner yang bisa mendongkrak nilai keuntungan finansial Anda.

3. Waralaba Bubur Bayi

Bisnis waralaba atau franchise kini merambah penjualan bubur bayi dari bahan-bahan sehat. Mengambil peluang bisnis makanan sehat ini terbukti sangat menguntungkan. Sebab kini, usaha bubur bayi di pagi hari telah menjadi kebutuhan harian dari sejumlah orangtua.

Nah, jika Anda ingin mencoba peluang bisnis makanan waralaba ini, salah satu rekomendasi nama waralaba bubur bayi adalah Bunnaya. Waralaba ini cukup populer dan digemari masyarakat luas, sehingga nilai penghasilan para mitra kerja pun akan menuai keuntungan berlipat.

4. Keripik Organik

Konsumsi camilan seperti keripik sayur lebih menyehatkan daripada snack dengan taburan bumbu MSG. Proses membuat aneka keripik organik dari bahan sehat seperti wortel, bayam, kentang, dan ubi merah, ternyata tidak begitu sulit untuk industri rumahan.

Tips Sederhana Membuat Keripik Organik:

  • Bersihkan dan potong tipis sayur-sayuran yang akan diolah menjadi keripik.
  • Setelah dipotong setipis mungkin, jemur di bawah sinar matahari sampai terlihat kering.
  • Setelah dijemur selama dua jam taburkan garam, lada, dan cabai bubuk secara merata.
  • Balurkan potongan sayur dengan tepung terigu yang telah ditambahkan tepung kanji dan sedikit garam. Setelah itu, keripik bisa digoreng dengan minyak zaitun agar lebih sehat.

5. Kafe Organik

Saat ini konsep kafe organik di beberapa kota masih terbatas dan terlihat eksklusif. Padahal gagasan ini sangat menarik dan juga unik. Menu yang dihidangkan pun bisa dikemas secara sederhana dan yang terpenting berbahan alami. Misalnya nasi merah dan lauk pauk non-daging, jus sayur dan buah, olahan kacang hijau atau kacang kedelai, camilan dari bahan sayuran, buah-buahan segar, dan lain sebagainya.

Demikian tips dan rekomendasi tentang peluang bisnis makanan dari bahan-bahan organik. Anda mungkin harus bersaing cukup keras dengan keragaman konsep kuliner lainnya. Namun demikian, berbekal ketekunan untuk mengolah variasi bahan organik tersebut maka bisnis Anda tentu akan semakin diminati oleh masyarakat.

Jadi, tunggu apa lagi? Setelah memiliki modal berbisnis, cobalah tema kuliner yang menyehatkan ini. Selamat berbisnis!


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments