Browse By

Tips Cara Membuat Artikel Yang Informatif Dan SEO Friendly

Bagikan ke Sosial Media

Cara Membuat Artikel

Cara Membuat Artikel

Disaat anda sudah mulai untuk fokus belajar SEO dan menerapkan nya dengan tujuan optimasi website atau blog yang dimiliki, tentunya kemampuan utama yang harus anda miliki adalah bisa membuat artikel.

Membuat artikel di sini tentu tidak hanya sebuah artikel biasa yang hanya di tentukan dengan banyak nya kata, akan tetapi sebuah artikel yang memang memberikan informasi, solusi, tips, dan berbagai jenis informasi lainnya yang bersifat membantu pembaca dalam berbagai hal.

“Kebiasaan membaca sangat membantu memberikan ide rangkaian kata dan gaya bahasa saat menulis sebuah artikel”

Saat di awal anda mulai mencoba untuk membuat artikel sudah pasti akan mengalami sedikit kesulitan, namun jika di ikuti dengan kebiasaan membaca dari berbagai sumber terhadap apa yang ingin anda kuasai tentunya secara bertahap kemampuan anda dalam menulis akan semakin terasah dan tentunya jika sudah terbiasa anda akan menemukan gaya bahasa tersendiri dalam menulis.

Saat ingin menulis sebuah artikel tentunya di pengaruhi oleh faktor “mood” serta ada atau tidak nya ide pada saat anda ingin menulis, memang saat ide sedang tidak ada ketika dipaksakan untuk menulis akan terasa sangat sulit dan membutuhkan waktu lebih dari satu hari hingga terselesaikan nya satu judul artikel.

Begitu juga sebaliknya jika anda sudah terbiasa dalam hal menulis, serta sudah memiliki banyak ide dan banyak kata yang ingin di tuliskan kedalam sebuah artikel, dimana anda bisa menyelesaikan satu judul cukup dalam waktu kurang lebih 2 hingga tiga jam saja, dan tentunya tergantung dari isi cerita yang ingin anda sampaikan ke pada pembaca melalui artikel yang anda tulis.

Berikut 3 tips dasar cara membuat artikel yang informatif

1. Buat judul artikel yang semenarik mungkin

Hal ini dapat memancing pembaca ingin melakukan klik untuk membaca lebih lengkap dari isi artikel yang sudah anda tulis.

Untuk menerapkan hal ini anda bisa menggunakan kata depan yang menarik pada judul artikel anda, misalkan: 3 Tips, 5 Hal menguntungkan, Bagaimana cara, Top 7 Tips, 5 Peluang, 2 Hal menarik dari, Hindari 5 hal ini… dan masih banyak lagi.

2. Tentukan panjang artikel sesuai dengan inti artikel yang ingin di sampaikan kepada pembaca.

Jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek, jangan menggunakan kata pembuka yang terlalu panjang cukup menggunakan 5 hingga 6 baris di awal, jangan mengajak pembaca untuk berputar-putar membaca artikel anda dengan menggunakan kata yang berulang, buatlah isi artikel langsung dengan inti dari apa yang ingin di sampaikan.

3. Gunakan ukuran font yang berfariasi dan di beri warna

Terapkan hal ini pada setiap bagian-bagian judul kecil yang ingin disampaikan , hal ini bertujuan agar lebih menarik dan lebih mudah untuk di baca, serta perhatikan spasi di setiap paragraph, pastikan setiap satu paragraph cukup berisikan 3 hingga 5 baris saja.

Membuat artikel yang SEO friendly

Jika anda sudah menguasai bagaimana cara membuat artikel yang informatif, bagian selanjutnya adalah anda tinggal memodifikasi artikel tersebut dengan menggunakan aturan-aturan dalam penerapan SEO.

Cara membuat artikel SEO untuk di awal saya rasa tidak akan terlalu sulit, jika anda ingin mencoba secara terus-menerus dan sudah terbiasa semua nya akan menjadi lebih mudah dan cepat saat anda memulai untuk membuat artikel yang baru dan sesuai dengan apa yang ingin anda sampaikan kepada pembaca tentunya.


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments

  • http://cariuanglewatinternet.com/ Cariuanglewatinternet.com

    Saat ingin menerapkan SEO, penyajian konten yang menarik tentunya sangat beperan penting…