Browse By

Prospek Usaha yang Menjanjikan bagi Pebisnis Pemula

Bagikan ke Sosial Media

Prospek Usaha yang Menjanjikan

Prospek Usaha yang Menjanjikan

Di era modern sekarang ini, berbisnis telah menjadi pilihan utama untuk banyak orang. Dibanding menjadi karyawan kantoran, berbisnis dianggap lebih fleksibel dan menghasilkan banyak uang. Bahkan tak jarang para karyawan kantoran pun masih nyambi berbisnis di sela-sela waktunya. Ya, siapa sih yang tak mau mendapat extra income untuk hidup lebih layak? Nah, kira-kira prospek usaha yang menjanjikan untuk pebisnis pemula? Simak tips berikut ini!

Pada dasarnya, semua usaha itu menjanjikan kok, asalkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang kita sasar dan bagaimana kita mengemasnya dengan cukup berbeda dari yang lain. Kalau tidak percaya, lihat saja di sekeliling kita, ada banyak usaha dengan jenis sama namun dibalut dalam nuansa yang berbeda, dan masing-masing memiliki pasarnya sendiri-sendiri. Contohnya, usaha kuliner tahu goreng, ada yang mengolahnya menjadi tahu mercon, tahu bulat, tahu gejrot, tahu petis, dan sebagainya.

Mengutip perkataan Sally, pemilik Butik Trusmi di Cirebon yang memulai usahanya sejak lulus SMA, hal terpenting ketika memulai bisnis adalah menumbuhkan kepekaan kita terhadap apa yang dibutuhkan dan disukai di masyarakat. Sebelum memulai bisnis batiknya, Sally menggunakan uang sumbangan pesta pernikahannya sebagai modal menjalankan bisnis penjualan kain kafan.

Saat itu yang ia pikirkan adalah bagaimana agar uang yang dia miliki tidak terbuang percuma dan menghasilkan. Meski tidak terlalu banyak menghasilkan, namun usaha kain kafannya cukup berkembang dengan baik, dalam seminggu selalu saja ada yang memesan kain kafan. Namun kemudian Sally menyadari bahwa bisnis kain kafan ini harus dikembangkan lebih baik lagi.

Prospek usaha yang menjanjikan adalah usaha yang bisa mendatangkan order berulang dari customer. Jika tidak ada order berulang, dipastikan usaha kita akan mandeg di satu titik. Tidak hanya melulu soal kelihaian memasarkan produk, namun pilihan produk yang tepat untuk kita jual juga menentukan apakah produk kita akan dipesan secara  terus-menerus.

Dari sinilah kemudian Sally belajar bahwasanya kain kafan ternyata merupakan dasar pembuatan kain batik. Ia pun mulai menjual kain kafan ke pengrajin batik dan mulai belajar mengenai seni perbatikan. Hingga kemudian ia mulai menggeluti dunia batik yang kini telah mengangkat namanya menjadi pengusaha muda yang diperhitungkan di Indonesia.

Jangan dikira proses Sally menjalani bisnis batiknya ini mudah dan tidak berliku. Ia pun pernah ditolak karena motif batik yang dibuatnya tidak sesuai dengan minat pasar saat itu. Dari kegagalan tersebut ia belajar bahwa sebelum memasarkan atau menciptakan produk baru, lebih baik melakukan research apa yang pasar suka dan butuhkan. Melalui research, kita jadi lebih mudah menyasar target dengan lebih terarah.

Jika ditilik dari kebutuhan masyarakat Indonesia, kebutuhan dasar seperti pangan, papan, dan sandang masih menjadi prospek yang menjanjikan bagi para pebisnis  pemula. Apabila modal yang kita miliki tak terlalu banyak dan menginginkan balik modal yang lebih cepat, maka usaha kuliner menjadi pilihan yang tepat.

Yang perlu diingat, usaha yang paling menjanjikan adalah usaha yang dijalankan dengan sepenuh hati, tanpa nanti dan tanpa tapi, serta tidak setengah-setengah. Ketika kita memilih menjadi pengusaha, maka kita dituntut menjadi orang yang tidak puas, selalu berinovasi dan tidak takut bermimpi.

Untuk memulai prospek usaha yang menjanjikan, langkah awal yang harus kita lakukan adalah segera membuat daftar apa sajakah yang disukai dan dibutuhkan oleh masyarakat terdekat. Pilih yang paling mudah dijalankan dan mulai susun skema bisnis impianmu. Selamat mencoba!


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments