Browse By

Perlukah Mengikuti Seminar Bisnis yang Mahal?

Bagikan ke Sosial Media

Saat ini keinginan masyarakat Indonesia dalam memulai bisnis sangat besar. Ada begitu banyak pengusaha-pengusaha baru setiap tahun yang muncul. Baik yang menggunakan modal yang sengat besar hingga modal yang minim sekalipun. Ini ada kaitannya dengan dunia informasi yang semakin berkembang sehingga banyak orang mengetahui ada begitu banyak pebisnis Indonesia yang bukan berasal dari kalangan berduit tapi mereka bisa sukses karena bisnis.

Dengan banyaknya masyarakat yang ingin membuat bisnis semakin banyak juga worshop dan seminar mengenai  bisnis yang diselenggarakan. Kebanyakan dari informasi yang diberikan adalah mengenai bagaimana caranya mendapatkan keuntungan, dan memberi tahu bagaimana rahasia sukses bisnis.

Biasanya untuk mengikuti seminar ada biaya pendaftaran yang harus dibayar. Ada yang hanya 100 ribuan tapi ada juga yang mahal hingga jutaan tapi hanya berlangsung sebentar. Nah, masalahnya apakah perlu mengikuti seminar ini? Apa tidak apa-apa jika kita membayar mahal, tapi seminarnya sebentar? Dan apakah ada jaminan setelah mengikuti seminar kita bisa menjadi sukses dalam bisnis? Pertanyaan ini tentunya banyak ada di pikiran Anda yang ingin mencoba mengikutinua tapi ragu. Maka dari itu disini akan dibahas.

Stigma negatif memang terkadang ada di berbagai seminar yang digelar. Oleh karena dari banyaknya seminar yang nyata, ada banyak juga yang menjadikan ini ajang agar mendapatkan uang. Oleh karena jika ingin ikut harus membayar biaya pendaftaran. Memang semua seminar juga seperti itu. Jadi, jika Anda ingin ikut seminar harus benar-benar memastikan apakah terpercaya atau tidak. Lihat juga siapa narasumber yang akan memberikan informasinya. Apakah dia benar-benar orang yang sukses sampai-sampai berani mengajari orang lain untuk menjadi pebisnis yang andal.

Meski dibanderol dengan harga yang mahal untuk sebuah seminar yang hanya berlangsung sebentar, banyak orang yang mau mengikutinya karena ingin mendapatkan mentoring yang tepat agar tidak salah langkah.

Sebenarnya Anda perlu mengikuti seminar seperti ini karena nanti di dalamnya Anda akan mendapatkan informasi dari A sampai Z mengenai bagaimana mengelola bisnis, bagaimana mendapatkan keuntungan, bagaimana menjalin networking, dan lain sebagainya. Apalagi bagi Anda yang baru pemula, agar tidak salah jalan maka lebih baik belajar dulu yang banyak. Namun ada syaratnya, yaitu mengetahui seminar apa yang patut diikuti dan tidak. Contoh seminar yang harus dipertimbangkan untuk diikuti adalah sbb.

Pembicara Menarik

Dengan pembicara yang menarik pastinya membuat seminar menjadi menyenangkan sehingga Anda akan merasakan kenyamanan ketika mengikutinya. Pastikan pembicara juga adalah orang yang sudah berhasil menjalani apa yang akan dia sampaikan.

Topik Seminar Relevan

Anda harus memilih seminar yang topiknya relevan dengan yang Anda ingin tahu dan bisnis yang akan dijalani. Jangan sampai Anda ingin melakukan web bisnis tapi ikut seminar mengenai bisnis franchise misalnya.

Dengan mengikuti seminar yang tepat maka Anda akan membawa manfaat yang banyak dan bisa dijadikan pembelajaran. Manfaat-manfaat yang akan dirasakan dari ikut seminar yang tepat antara lain.

Mendapatkan Informasi

Tentu saja ini tujuan utama jika mengikuti sebuah seminar. Meski Anda sudah tahu mengenai beberapa informasi tentang bisnis sebelumnya, tidak ada salahnya ikut seminar yang sama sehingga pengetahuan Anda akan bertambah. Jika Anda sudah memulai bisnis pun tidak ada salahnya ikut seminar bisnis karena jika sering belajar maka akan dijamin sukses.

Mendapat Networking

Ini adalah hal yang penting dalam berbisnis. Dengan lebih banyak networking maka bisnis Anda bisa semakin sukses karena artinya Anda akan lebih banyak mendapatkan peluang untuk mempromosikan bisnis. Networking Anda lewat seminar adalah pembicara dan para peserta seminar. Jadi manfaatkan kesempatan ini, coba dekati dan mengobrol dengan beberapa peserta agar bisa mendapatkan hasil.

Memberikan Pengalaman Baru

Siapa tahu di seminar bisnis Anda akan mendapatkan pengalaman dan informasi baru yang sebelumnya tidak diketahui sehingga semakin banyak masukan yang datang. Semakin banyak informasi yang diambil maka semakin sukses Anda kelak.

Demikianlah pembahasan mengenai perlukan ikut seminar bisnis yang harganya mahal tapi waktunya singkat. Jika memang seminarnya tidak menipu maka Anda harus ikut seperti pertimbangan-pertimbangan yang disampaikan tadi. Bagaimana?

Semoga informasi yang diberikan untuk Anda di sini bermanfaat.


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments