Browse By

Menabung Emas, Mau Tahu Apa Saja Keuntungannya?

Bagikan ke Sosial Media

pixabay.com

Menabung adalah kegiatan yang seharusnya dilakukan semua orang. Tujuannya agar jika ada keperluan yang mendesak dan tidak punya uang masih punya simpanan. Bisa juga agar harta Anda tidak habis digunakan untuk hal-hal yang tidak berguna. Selain menabung uang, menabung emas adalah yang paling populer di Indonesia. Bahkan menabung emas lebih menguntungkan dibandingkan dengan menabung uang. Agar Anda tahu bagaimana pentingnya menabung emas, artikel ini akan membahasnya.

Menabung atau investasi emas sebaiknya Anda lebih pilih dibandingkan menabung uang. Oleh karena kerugian yang akan didapatkan sedikit, itu karena harga emas meski sudah lama tidak akan anjlok dari harga ketika pertama beli. Selain itu ada banyak alasan yang mendasarinya. Antara lain sebagai berikut.

Menguntungkan

Ini adalah salah satu hal yang paling utama dari menabung atau investasi emas, yaitu mendapatkan untung.

Setiap tahun harga emas naik karena ditentukan nilai emasnya dan pasar internasional. Untung jangka panjang, menabung atau investasi emas sangat menguntungkan. Kemudian saat melakukan proses penjualan kembali emas juga tidak akan pernah kena pajak karena menjadi salah satu benda dalam kategori bahan baku.

Aman

pixabay.com

Emas logam mulia adalah jenis yang paling baik jika ditabung. Hal ini karena memiliki sertifikat yang diakui negara.

Emas pun bisa menjaga privasi Anda karena orang tidak akan tahu berapa jumlah emas yang Anda punya.

 

 

Risiko yang Rendah

Ini juga termasuk dari keuntungan mengapa perlu berinvestasi emas. Jika menabung di bank, uang yang Anda miliki tidak akan utuh karena adanya banyak biaya. Seperti perpindahan uang ke rekening lain, biaya administrasi, dan lain sebagainya. Jika dipikir-pikir memberikan kerugian juga.

Mudah Dicairkan

pexels.com

Jika Anda butuh uang cash untuk keperluan maka dengan menjual emas yang dimiliki Anda akan langsung mendapatkan uangnya. Prosesnya juga mudah dan tidak perlu ada aturan-aturan. Tempat untuk menjualnya juga banyak sekali.

Itulah beberapa alasan kenapa Anda harus melakukan investasi emas. Investasi atau menabung emas bukan hanya bisa dilakukan di rumah dengan menyimpannya, kini Anda bisa menyimpannya di pegadaian.

Ya, pegadaian adalah salah satu tempat yang tepat untuk mendapatkan uang dengan cara yang mudah. Sampai saat ini memang masih uji coba tapi kemungkinan berhasil ya pasti besar. Kenapa? Karena pemilik emas di Indonesia ada sangat banyak. Jika Anda ingin mengikuti tabungan emas di pegadaian maka syarat-syarat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

  • Anda harus memiliki rekening tabungan emas di kantor pegadaian terdekat di sekitar Anda. Syarat yang dibutuhkan hanya fotokopi identitas diri yang berlaku.
  • Kemudian isi formulir pembukaan rekening dan membayar 5.000 rupiah sebagai biaya administrasi. Juga membayar biaya fasilitas titip 12 bulan dengan harga 30 ribu rupiah.
  • Jika Anda akan membeli emas maka harganya 5.320 rupiah untuk kelipatan 0.01 gram.
  • Kemudian jika Anda butuh dana tunai maka saldo titip emas yang Anda bayar harus dijual kembali ke Pegadaian.
  • Saldo rekening minimalnya adalah 0.1 gram.

Kemudian, menabung emas di pegadaian memiliki banyak sekali keuntungan yang mungkin tidak bisa didapatkan di tempat lain, antara lain:

  • Pegadaian adalah lembaga resmi sehingga dikelola dengan sangat baik. Selain itu emas yang dititipkan di sana akan aman karena pegadaian adalah tempat yang jelas.
  • Pembelian emas di pegadaian dapat dilakukan dengan tunai dan kredit. Keduanya mudah didapatkan meski tidak akan langsung mendapatkannya. Jika kredit maka emas akan didapatkan setelah Anda selesai menyicil sedangkan jika dengan tunai Anda akan mendapatkannya setelah seminggu.
  • Harga yang ditetapkan normal dengan disesuaikan dengan harga yang sedang terjadi di pasaran. Dan apabila Anda telah melakukan investasi maka harga emasnya akan selalu naik. Itu dikarenakan emas jarang mengalami yang namanya penurunan harga.
  • Emas yang dijual telah diberi sertifikat resmi yang dikeluarkan PT Antam sehingga sudah pasti asli dan berkualitas baik.
  • Pilihan berat emas ada banyak sehingga Anda bisa menentukan sendiri mana yang diinginkan.
  • Meski Anda melakukan cicilan tapi jika sedang ada keadaan mendesak, Anda bisa mengadaikannya di sana. Memang akan dihitung dulu seluruh cicilan yang Anda ajukan maka sebesar itulah Anda akan mendapatkan uangnya.

Demikianlah pembahasan mengenai menabung emas. Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk melakukannya?


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments