Browse By

Memulai Usaha Sampingan Sambil Menjalankan Pekerjaan Utama Anda

Bagikan ke Sosial Media

Banyak sekali informasi tentang penawaran usaha sampingan tanpa modal yang bermunculan di internet saat ini, baik dalam bentuk blog, website personal, news letter, media sosial dan banyak lagi.

Mengambil keputusan untuk memulai usaha sampingan merupakan keputusan yang patut untuk diambil, akan tetapi jangan mengambil keputusan untuk berhenti atau pensiun dari pekerjaan utama anda saat ini sebelum usaha sampingan yang anda jalankan bisa bekerja dengan maksimal, paling tidak bisa mendapatkan pasif income dengan nilai 2 kali lipat dari pendapatan perbulan dimana tempat anda bekerja saat ini.

Tujuannya adalah agar anda tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dari pendapatan di pekerjaan utama sambil menjalankan usaha sampingan, sehingga anda bisa tetap fokus menjalankan usaha anda tanpa harus khawatir kebutuhan hidup setiap bulannya terabaikan.

Sesuai dengan kutipan judul diatas yaitu memulai usaha sampingan yang berarti bahwa anda harus dapat membagi waktu antara pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan yang akan anda jalankan.

Memulai usaha sampingan di rumah dengan berbisnis secara online

Dalam blog ini saya akan mengajak anda untuk mencari penghasilan tambahan dengan memulai usaha sampingan yang bisa anda lakukan dimana saja dan kapan saja yaitu dengan berbisnis secara online.

Pada kesempatan kali ini saya tidak akan memberikan iming-iming dengan nilai penghasilan yang besar seperti pada website/blog lainnya yang mungkin anda sudah banyak membaca dan menemukan saat melakukan pencarian tentang usaha sampingan atau bisnis online di internet dengan menggunakan search engine seperti google.

Tidak ada iming-iming untuk mendapatkan penghasilan besar perbulan, perminggu atau bahkan perhari. Tujuan saya disini adalah untuk berbagi informasi seputar usaha sampingan yang bisa anda lakukan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama yang anda miliki saat ini.

Berbicara tentang prospek dan penghasilan jangka panjang tentunya akan sangat berpengaruh dengan seberapa besar kemauan anda untuk memulai dan fokus mengerjakan usaha anda, jika anda dengan tekun dan sungguh-sungguh mengikutin semua tutorial yang diajarkan, saya rasa anda akan mendapatkan informasi sendiri seberapa besar dan mengejutkan nya penghasilan dari bisnis online yang akan anda peroleh.

Berikut ini beberapa poin dasar utama yang harus anda lakukan saat memulai bisnis online :

Riset kata kunci

Yang dimaksud kata kunci atau yang bisa juga di sebut dengan keyword adalah sebuah kata yang di gunakan oleh pengguna internet saat ingin mencari sesuatu yang dibutuhkan melalui search engine. Misal nya anda ingin mencari informasi mengenai bisnis online, maka anda akan membuka google dan mengetikan kata kunci tersebut “bisnis online” maka google akan menampilkan semua website/blog yang membahas tentang internet marketing.

Dalam hal ini biasanya google akan menampilkan 10 website/blog berkualitas di halaman pertama, sehingga pengunjung benar-benar menemukan informasi yang berguna terhadap apa yang sedang mereka cari.

Betapa pentingnya melakukan riset di awal adalah agar anda bisa memilih kata kunci yang tepat untuk mengisi website anda, dimana kata kunci yang di targetkan akan anda jabarkan dalam sebuah tulisan yang memberikan informasi kepada pembaca.

Disini anda harus melakukan riset kata kunci dengan pencari terbanyak dan saingan yang sedikit, memang tidak mudah untuk mencari kata kunci dengan kriteria tersebut akan tetapi jika anda berusaha pasti akan menemukan nya, sehingga anda akan lebih mudah dan memungkinkan website/blog yang anda buat akan menempati posisi pada halaman pertama di mesin pencari google.

Mungkin dari penjelasan di atas saya rasa sebagian dari anda masih merasa bingung dan belum paham secara penuh dengan apa yang saya maksud di atas, karena butuh lebih dari 3 halaman agar bisa memberikan penjelasan secara detail agar anda bisa langsung mempraktekan nya.

Untuk penjelasan secara detail bisa langsung anda dapatkan melalui belajar internet marketing dimana anda akan diajarkan langsung oleh seorang praktisi dan sudah mendapatkan penghasilan yang banyak dari bisnis online.

Membeli domain dan sewa hosting

Syarat utama untuk memiliki sebuah website adalah memiliki domain dan hosting tentunya, domain merupakan URL website atau nama website atau alamat website yang memiliki ekstensi atau TLD(top level domain) yang bervariasi seperti .com, .co.id, .us, .net dan masih banyak lagi.

Untuk TLD yang umum dan paling banyak digunakan yaitu .com, karena sangat familiar dan berskala internasional.

Pada dasarnya banyak tersedia jasa yang memberikan domain dan hosting gratis, akan tetapi tentunya sesuatu yang gratis akan memiliki beberapa keterbatasan diantaranya, kapasitas transfer data dan kapasitas penyimpanan data yang terbatas.

Biasanya penyedia jasa gratis ini menggunakan web 2.0, sebagai contoh wordpress, blogspot dan masih banyak lagi, dimana anda hanya perlu membuat akun dan mendaftarkan nama domain yang anda inginkan, dan selanjutnya anda akan disediakan akun login khusus untuk mengisi website/blog yang anda miliki dengan  konten sesuai dengan topic yang akan anda buat.

Selanjutnya yaitu hosting, ini merupakan penyedia jasa tempat dimana anda bisa mengupload website/blog yang anda miliki dan anda akan di berikan satu IP address khusus agar bisa di akses oleh semua pengunjung dimanapun berada, dalam hal ini pengujung akan dapat mengakses website/blog yang anda miliki cukup dengan mengetikan nama domain yang sudah anda buat, misalnya http://cariuanglewatinternet.com sehingga anda akan masuk ke halaman utama dari blog ini.

Membuat website

Disini anda tidak perlu khawatir atau merasa tidak mampu dan memutuskan berhenti untuk memulai bisnis online, anda tidak perlu memiliki kemampuan bahasa pemrograman ataupun kemampuan di bidang IT.

Dengan menggunakan cms atau web 2.0 anda sudah bisa membuat sebuah website baik dalam bentuk blog maupun dalam bentuk e-commerce, yang anda perlu lakukan di sini adalah hanya melakukan download file cms dari penyedia jasa layanan gratis, kemudian upload file tersebut ke dalam hosting anda dan tahap selanjut nya lakukan install cms tersebut dimana proses install sangat cepat dan sangat mudah dilakukan.

Berikut beberapa web 2.0 yang bisa anda gunakan untuk membuat blog/website :

xing.com

wordpress.com

goodreads.com

merchantcircle.com

last.fm

my.opera.com

livejournal.com

sfgate.com

wix.com

tumblr.com

weebly.com

academia.edu

rhizome.org

blog.fc2.com

zoho.com

couchsurfing.org

webs.com

diigo.com

newsvine.com

rediff.com

angelfire.lycos.com

evernote.com

blog.co.uk

dailystrength.org

wetpaint.com

shutterfly.com

care2.com

hubpages.com

wayn.com

purevolume.com

socialmediatoday.com

skyrock.com

 

Dari keempat poin penting diatas jika sudah di kerjakan dengan benar masih ada beberapa tahap lagi yang harus anda lakukan, yaitu menerapkan SEO marketing dan teknik internet marketing.

Dimana proses yang akan dilakukan yaitu :

–          Membuat artikel yang SEO friendly

–          Posting artikel disertai gambar yang unik

–          Membuat strategi inbound dan outbound link

–          Membuat backlink strategi

–          Mengumpulkan kontak pelanggan

–          Membuat news letter untuk keperluan pemasaran produk anda

–          Dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih detail beserta contoh pengerjaan anda bisa memperoleh semuanya dengan belajar internet marketing disini, anda akan benar-benar di bimbing baik dalam tutorial berupa artikel maupun dalam bentuk video dari seorang guru professional.

Baca selengkapnya :
 7 Ide Jenis Usaha Sampingan Alternatif Bagi Anda Yang Tidak Memiliki Hobi
Mau Cari Kerja Sampingan? Jadilah Penulis Artikel Freelance!

Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments