Browse By

Membuat Website Toko Online dengan CMS Cukupkah?

Bagikan ke Sosial Media

Bisnis online saat ini memang sangat menggiurkan. Tanpa memerlukan modal yang banyak kita sudah bisa berjualan. Maka dari itu, ada banyak sekali website toko online yang bisa ditemukan.

Untuk membuat toko online maka menggunakan CMS bisa menjadi pilihan paling tepat. Kenapa? Oleh karena ada banyak sekali keuntungannya. Meski demikian, banyak juga yang memutuskan menggunakan jasa programmer. Apakah itu perlu?

Jika Anda memiliki budget yang banyak mungkin alangkah lebih baik menyewa programmer untuk membuatkan website yang sesuai dengan harapan Anda. Oleh karena akan membuat website terlihat lebih profesional dan tidak monoton seperti website lain yang menggunakan CMS. Namun sebenarnya menggunakan CMS juga sudah cukup menunjang website Anda. Berikut ini apa saja yang menjadi keuntungan jika Anda menggunakan CMS untuk membuat website toko online.

CMS atau Content Management System perannya sangat baik jika digunakan dalam hal pengembangan web. Pengintegrasian CMS pada web biasanya lebih banyak dipilih oleh para pengembang. Dengan menggunakan CMS, Anda bisa melakukan pengubahan desain, pemeliharaan, pengubahan fitur, dan lain sebagainya. CMS memiliki banyak sekali manfaatnya, bisa Anda lihat di bawah ini.

1. Mudah Digunakan

Anda tidak perlu mengerti soal teknis karena hanya dengan menggunakan CMS yang ada di internet maka website Anda sudah jadi. Tidak perlu menggunakan jasa profesional yang sudah pasti harus Anda bayar dengan harga yang lumayan mahal.

2. Biayanya Efektif

Software CMS bisa didapatkan dengan harga yang murah sekali. Bahkan ada yang gratis tanpa Anda perlu mengeluarkan uang sepeser pun.

3. Akses Mudah

Software ini selalu online jadi Anda bisa mengoperasikannya kapan dan dimana saja. Sangat praktis.

4. Navigasi Mudah

Bukan hanya mudah mendapatkannya tapi juga mudah juga menggunakannya. Selain itu, halaman web Anda akan ramah terhadap mesin pencarian. Dengan demikian traffic web juga akan menjadi tinggi.

5. Dinamis

Isi konten web dengan CMS akan sangat mudah dikelola. Seperti konten polling, shopping cart, forum, dan lain-lainnya.

6. Fleksibel

Dengan CMS, segala unsur yang ada di website tidak akan terpengaruh dan terganggu jika ada konten yang bermasalah. Anda dapat memindahkan desain dan konten sehingga masing-masing bagian akan bekerja sendiri. Berbeda jika membuat web dengan bahasa program yang pastinya akan membuat semua konten terganggu jika salah satunya ada yang bermasalah.

Itulah dia apa saja manfaat jika Anda memiliki web dan menggunakan CMS. Oleh karena itu sebenarnya menggunakan CMS lebih direkomendasikan karena ada lebih banyak keuntungannya. Jadi tidak perlu menggunakan programmer apalagi jika websitenya digunakan hanya untuk berjualan produk atau barang dagangan pribadi dalam skala kecil (toko online), konten artikel, dan kebutuhan kecil. Kecuali jika Anda memiliki perusahaan besar, pastinya lebih baik harus menggunakan programmer.

Jenis CMS yang ada banyak tapi ada tiga yang paling banyak digunakan dan memiliki layanan hosting yang murah. Ada WordPress, Joomla, dan Drupal. Apa perbedaannya? Di bawah ini akan dibahas sedikit perbedaannya.

Joomla

CMS ini sekarang semakin banyak digunakan dan berkembang sangat pesat. User interface yang digunakannya lumahyan sederhana karena menggunakan MySQL, bahasa pemrograman PHP yang sangat mudah untuk dipelajari, dan template maupun desainnya bisa dengan mudah diubah. Anda bisa kunjungi Joomla.org jika ingin memakainya.

Drupal

CMS ini adalah salah satu yang populer. Bukan hanya pengelolaan konten yang bisa dilakukan menggunakan CMS ini karena berbasis open source. Dengan ini juga Anda bisa mengubah module position. Selain itu, kelebihan CMS ini juga mudah sekali diinstall, baik untuk web profesional maupun sederhana.

WordPress

Ini adalah CMS yang paling populer diantara semuanya. Ada banyak sekali website yang menggunakannya, mungkin Anda juga sudah sering mendengarnya bukan? Namun CMS ini spesifikasinya hanya untuk membuat blog jadi Anda yang akan membuka toko online tidak cocok jika menggunakannya.

Bahasa pemrograman yang digunakan pun MySQL dan PHP yang mudah sekali digunakan bahkan Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Ada banyak plugin dan template yang bisa digunakan.

Nah, jadi kesimpulannya, jika membuka toko online maka hanya dengan menggunakan CMS sudah cukup. Semoga dengan pembahasan ini Anda akan bisa menentukan mana yang terbaik.


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments