Browse By

Kamu Sedang Cari Usaha Sampingan? untuk Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal?

Bagikan ke Sosial Media

Cari Usaha Sampingan

Cari Usaha Sampingan

Ibu rumah tangga (IRT) bekerja? Kenapa tidak? Sekarang kaum IRT alias ibu rumah tangga bisa bekerja untuk memanfaatkan potensi mereka, tanpa meninggalkan pekerjaan utama sebagai ibu di dalam sebuah keluarga. Tapi, memangnya bisa tetap berperan sebagai ibu dengan konsentrasi yang terpecah ke pekerjaan? Lalu bagaimana modal untuk memulai usaha tersebut? Jangan khawatir karena yang akan dibahas kali ini adalah cara untuk cari usaha sampingan yang tanpa modal.

Pada dasarnya, setiap usaha mandiri yang dilakukan itu terbagi menjadi dua, usaha yang butuh modal, dan usaha yang tak membutuhkan modal karena memanfaatkan fasilitas yang sudah dimiliki di rumah. Karena prinsipnya IRT bekerja itu untuk menambah pendapatan rumah tangga, maka sebisa mungkin usaha yang ditekuni bukan usaha yang membutuhkan banyak biaya, untuk meminimalisir pengeluaran sebelum laba dari usaha itu bisa dinikmati.

Macam-macam Usaha Sampingan untuk IRT

Ibu rumah tangga merupakan perempuan-perempuan yang amat sibuk, mengurus rumah dari pagi sampai sore dan hanya memiliki waktu luang sedikit sekali. Itu pun berkisar antara sepuluh sampai lima belas menit dalam satu jamnya, sebab hampir setiap jam ada saja pekerjaan yang menunggu sentuhan tangan si bunda. Oleh karena itu, tidak semua jenis pekerjaan sampingan cocok untuk ibu rumah tangga.

Berikut adalah beberapa usaha sampingan yang cocok untuk waktu luang IRT.

  • Reseller/dropshipper: Yang ini khusus bagi IRT yang cari usaha sampingan dan punya bakat dagang. Modalnya cuma smartphone (kebanyakan ibu rumah tangga sudah memiliki ponsel pintar) dan jaringan internet yang stabil. Tak perlu stok barang karena tinggal daftar menjadi reseller atau dropshipper di salah satu online shop besar, lalu ‘memajang’ barang dagangan di akun media sosial masing-masing dan harus getol mempromosikannya supaya mendapatkan banyak konsumen.

Jika ada pesanan, salurkan pada online shop induk dan mereka yang akan mengurus barang dan atas nama olshop milik IRT tersebut. Prinsip usaha ini adalah semakin banyak konsumen, semakin banyak bonus yang didapat dari olshop induk.

  • Olshop mandiri: Jika punya modal yang lebih, boleh menyetok barang dagangan sendiri. Ada banyak olshop induk yang menyediakan paket grosir untuk dijual kembali. Ibu rumah tangga bisa menjualnya kembali di olshop pribadi dengan harga yang sudah ditentukan.

Waktu untuk online dan mengurus toko dunia maya itu bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan rumah tangga serta tak akan menghabiskan waktu. Untungnya lebih besar dari menjadi reseller, hanya saja ada modal lebih untuk menyetok barang di rumah.

  • Admin fanpage: Menjadi admin tugasnya sangat mudah, hanya mengupdate status sebuah fanpage atau grup setiap sekian jam, menyortir kiriman anggota grup yang masuk dan juga menjawab pertanyaan dari anggota. Memang gajinya tak seberapa, berkisar antara seratus hingga tiga ratus ribu Rupiah dalam satu bulan, tetapi untuk pekerjaan yang begitu mudah, bisa dapat tiga ratus ribu itu sangat hebat, bukan?

Memutuskan untuk cari usaha sampingan memang bukan perkara mudah, karena harus mempertimbangkan stamina dan konsentrasi lebih yang harus dikeluarkan untuk mengerjakan beberapa tugas berbarengan. Tetapi, dengan solusi usaha sampingan yang sudah disebutkan di atas, agaknya bisa sedikit banyak membantu kaum ibu rumah tangga yang benar-benar ingin membantu perekonomian keluarga, namun tetap melaksanakan kewajibannya sebagai seorang ratu dalam keluarga.


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments