Browse By

Kamu Perempuan Mandiri? Yuk, Belajar Bisnis Online!

Bagikan ke Sosial Media

belajar bisnis online

Kamu Perempuan Mandiri? Yuk, Belajar Bisnis Online!

Motivasi belajar bisnis online bisa jadi tumbuh dari niatan hati untuk menjadi perempuan mandiri. Mungkin kamu yang remaja ingin melepas ketergantungan finansial pada orangtua dan saudara. Ingin bisa mendanai kebutuhan diri sendiri lewat hasil usaha pribadi. Ataupun bagi yang sudah berkeluarga, biasanya terdorong melakukan sesuatu guna mendongkrak pemasukan sehari-hari. Tentunya tanpa harus mengabaikan segala kewajiban rumah tangga.

Melihat semua motivasi tersebut, maka jelaslah kalau keinginan untuk belajar bisnis online perlu dipupuk. Kemudian tentu diwujudkan dengan langkah-langkah nyata sesuai kemampuan diri. Sebab ada bermacam-macam peluang bisnis online yang ditekuni oleh sebagian besar wanita di dunia, khususnya Indonesia. Bisnis baju, tas branded, sepatu, dan semacamnya betul-betul mewarnai dunia bisnis di dalam media sosial.

Jika seorang pebisnis online tidak bisa menawarkan kekhususan produk lebih dari kompetitor pendahulunya, pasti sulit mencari pelanggan tetap. Akhirnya rasa putus asa bisa membuat usahamu padam di tengah jalan. Wah, jangan sampai hal itu menyurutkan seluruh motivasi kemandirian tadi.

Karena itulah, meskipun butuh cepat untuk memetik keuntungan, bukan berarti juga roda bisnis bisa asal diputar tanpa ada dasarnya. Bagaimanapun proses belajar itu amat penting dijalani paling tidak minimal satu bulan. Sebaiknya jangan langsung terbawa arus kawan-kawan yang juga memiliki bisnis online shop, andaikan kamu belum memahami celah-celah perbisnisan.

Tips-Tips Belajar Bisnis Online Sebelum Melangkah Maju!

  1.  Perbanyak Referensi Bacaan

Mungkin kamu memang tak asing lagi dengan toko-toko online yang berjubel memadati internet. Namun tahukah bagaimana cara mereka merintis, mengelola, dan mempertahankan usahanya dalam persaingan super ketat? Ketiga bentuk perjalanan inilah yang harus dipelajari secara mendalam. Caranya, tentu dengan memperbanyak bacaan dari berbagai media bisnis baik di internet, majalah, koran, dan lain-lain.

  1. Belajar Bisnis Online dari Pengalaman Orang Lain

Selain mempelajari tips dan trik bisnis dari tulisan-tulisan orang lain, sebaiknya kamu juga bertanya langsung pada seorang pebisnis online. Mungkin teman-teman, saudara, atau tetangga. Nah, apa saja yang menarik untuk dijadikan bahan obrolan?

  • Pertanyakanlah soal bagaimana awal-mula dirinya merintis bisnis online. Bagaimana mengatur sistem permodalan serta pemasaran. Bagaimana cara mengelola wadah jualan online di internet (mungkin instagram, facebook, website, blog, dan lain-lain).
  • Apa saja tantangan yang sering ditemui dan bagaimana sebaiknya mengatasi pasang-surut usaha. Jalinan relasi memang penting untuk menjalankan semua tipe bisnis, dan lebih-lebih lagi pada perputaran roda bisnis online. Tentunya sekali lagi dengan cara saling bertukar pengalaman dan sama-sama mengembangkan benih-benih bisnis online yang hendak ditanam.
  1. Mempelajari Peluang dan Minat, Berpengetahuan Luas

Minat pribadi pada daya tarik suatu produk yang akan dipasarkan tentu akan menjadi modal untuk menguasai ruang-ruang bisnis online. Sebab bagaimana pun juga, seorang penjual harus berpengetahuan luas terutama menyangkut barang-barang jualan di tangannya. Jangan sampai pertanyaan konsumen atau pembeli yang kritis akhirnya membuat malu.

Misalkan saja ketika membuka online shop yang menawarkan tas bermerk. Sayangnya si penjual kurang memahami kompleksitas dunia fashion. Bisa jadi si calon pembeli mulai ragu-ragu dan akhirnya batal bertransaksi.

  1. Lebih Baik Kreatif dan Berkreasi daripada Meniru

Prospek online shop orang lain yang rata-rata senada, cobalah untuk menggali ide-ide kreatif. Namun tentu saja untuk menciptakan prospek ekonomi kreatif di rumah, kamu harus mempunyai bala bantuan, misalnya dua atau tiga karyawan. Termasuk juga modal yang cukup kuat. Kemapanan bisnis ini akan sangat memudahkan untuk menjangkau para pembeli online di mana pun posisi mereka.

Maka dari itu, pastikan jenis produk itu punya nilai unik, menarik, dibutuhkan. Misalnya saja kerajinan, produk masker wajah, ataupun makanan ringan. Itulah sebagian kecil dari pemikiran paling dasar ketika kamu mulai ingin belajar bisnis online.

Masih ada banyak lagi pembelajaran penting, terutama jika menyangkut masalah-masalah teknis penggunaan internet sebagai ladang keuntungan. Ada baiknya mengelola lapak online bersama seseorang yang berpengalaman di bidang IT.

Belajar bisnis online memang harus sabar dan pantang menyerah waktu merintisnya. Itulah modal berselancar mulus di dalam dunia transaksi online. Jadi tunggu apa lagi. Yuk, menjadi perempuan mandiri sekaligus pebisnis yang cerdas!

Baca Juga:
Tips Kursus Bisnis Online Untuk Memuluskan Internet Marketing

Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments

  • http://cariuanglewatinternet.com/ Cariuanglewatinternet.com

    Buat kamu perempuan mandiri, yuk belajar bisnis online.. 🙂