Browse By

Kamu Pebisnis Offline? Buat Toko Online Atau Bisnis Mu Akan Tinggal Sejarah

Bagikan ke Sosial Media

pexels.com

Semakin lama, bisnis online lebih banyak dilirik para pengusaha baru dibandingkan dengan bisnis offline. Tentu saja karena pelaksanaannya lebih mudah dan jaringan yang didapatkan akan lebih banyak. Keuntungan yang didapatkan akan sangat besar bahkan tanpa modal pun sudah bisa memulainya. Namun ada beberapa hal yang kadang membuat bisnis offline lebih baik.

Salah satunya bisa berinteraksi langsung dengan pembeli sehingga bisa menjalin hubungan yang lebih baik dan bisa mengerti keinginan pasar secara langsung. Makanya, pemilik bisnis online yang tadinya mengawali bisnis dengan membuat toko offline bisa lebih sukses karena mereka biasanya memiliki pengalaman yang lebih baik.

Keuntungan yang bisa didapatkan jika melakukan bisnis offline adalah membuat kepercayaan dari pelanggan bisa lebih baik. Oleh karena mereka bisa melihat barangnya secara langsung. Mereka bisa langsung memeriksa seperti apa barangnya, jika bagus pastinya mereka akan memilihnya. Pelanggan yang melihat etalase bisa langsung tahu apakah tokonya bagus atau tidak. Namun alangkah lebih baik lagi jika Anda memiliki keduanya, bisnis offline dan online. Dengan begitu ada lebih banyak keuntungan yang Anda dapatkan. Di bawah ini akan dibahas apa saja yang membuat Anda pebisnis offline bisa lebih sukses jika membuat toko online.

1. Menjaring Lebih Banyak Pelanggan

Jangan puas dulu meski toko offline Anda sudah laris manis. Oleh karena hal itu bisa dimaksimalkan dengan membuka toko online. Makanya ada banyak sekali pengusaha yang memanfaatkan keduanya. Dengan melakukan hal ini maka Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Jaringan yang dihadirkan melalui bisnis online akan lebih luas karena bisa mencakup seluruh daerah di Indonesia bahkan luar negeri. Dengan membuka toko offline maka orang yang datang hanya berasal dari sekitar lokasi atau kota yang sama. Bandingkan dengan toko online, pelanggannya bisa berasal dari berbagai kota dari yang dekat sampai jauh sekali pun. Dijamin, kehidupan Anda akan menjadi lebih makmur karena rezekinya bertambah banyak.

2. Mendapatkan Kemudahan Melakukan Promosi

Membuka toko online memang mudah sekali, hanya membuat website atau membuat akun sosial media atau bisa juga ikut membuka lapak di berbagai situs market place. Kemudian pasang foto-foto barang yang Anda jual dan beri deskripsinya. Namun anda harus membekali diri terlebih dahulu dengan berbagai pengetahuan tentang cara berpromosi secara online.

Jika sebelumnya Anda membuka toko offline pastinya memiliki lebih banyak pengalaman sehingga tahu bagaimana strategi memasarkan barang agar bisa dilirik lebih banyak orang. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar toko online lebih laku adalah memberitahu secara langsung pada pengunjung toko offline Anda dan menyuruh mereka untuk mengunjunginya. Nah, semakin banyak orang yang melihat maka semakin banyak orang yang tahu mengenai keberadaannya. Dengan demikian semakin mudah pula Anda mendapatkan konsumen baru.

3. Tidak Perlu Menggaji Banyak Karyawan dan Membayar Tempat

Membuka toko online bisa sama dengan membuka cabang toko offline. Namun yang membuatnya lebih menguntungkan adalah Anda tidak perlu menggaji lebih banyak karyawan dan bahkan membayar tempat. Katakan saja jika toko offline Anda maju dan Anda ingin membuat toko cabang maka Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk menggaji karyawan baru dan membayar tempat yang digunakan untuk toko baru.

Jika demikian, kenapa tidak ganti dengan membuat toko online saja. Kenapa tidak perlu menggaji karyawan lagi? Oleh karena Anda bisa melakukannya sendiri, jika butuh bantuan paling tidak Anda bisa menyuruh salah satu karyawan yang ada di toko offline Anda. Dan kenapa tidak butuh bayar tempat? Oleh karena Anda bisa dengan bebas menggunakan sosial media dan situs e-commerce yang sudah ada. Mereka tidak akan meminta Anda membayar, kecuali Anda akan memasang iklan dan membuat website sendiri karena harus membayar hosting dll.


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments