Browse By

Jadi Bos Besar Berkat Bisnis Modal Dengkul

Bagikan ke Sosial Media

Jadi Bos Besar Berkat Bisnis Modal Dengkul

Jadi Bos Besar Berkat Bisnis Modal Dengkul

Almarhum Bob Sadino pernah memberi motivasi pada para pemuda, yaitu untuk bekerja dengan modal dengkul. Beliau mengatakan bahwa bisnis usaha tak perlu pakai modal yang besar-besar, cukup bisnis modal dengkul saja. Tuhan memberikan sepasang dengkul yang sehat dan kuat, gunakan untuk pergi bekerja, mau bertani, berdagang pentol, kredit baju atau panci, atau juga untuk pergi ke kantor. Yang penting tidak duduk-duduk saja menunggu rezeki datang. Gunakan sepasang dengkul untuk menjemput rezeki, besar kecil tak masalah yang penting halal dan berkah.

Ada beberapa bisnis yang cuma bermodal dengkul, tapi bisa memberikan untung yang berbakul-bakul. Maksudnya adalah bisnis yang dijalankan dengan modal tak seberapa dan bisa dibilang pas-pasan, tetapi jika dijalankan dengan telaten dan getol, maka untung yang akan masuk kantong bisa berlimpah ruah. Bisnis modal dikit ini sangat cocok untuk pemula, yang belum terlalu pandai bersentuhan dengan dunia bisnis yang keras, serta cocok untuk mereka yang ingin berbisnis tetapi memiliki modal kecil.

Ide Bisnis dengan Modal Kecil dan Cara Menjalankannya

Sebelum memilih bisnis yang akan dijalankan, sebaiknya lihat dulu situasi sekitar lingkungan anda, apa yang dibutuhkan oleh mereka? Misalnya di lingkungan sekolah, yang dibutuhkan adalah berbagai perlengkapan sekolah seperti buku dan pensil, serta jajanan-jajanan murah untuk mengganjal perut. Maka bisnis yang harus anda jalankan adalah toko alat tulis yang merangkap warung bersih untuk jajan.

Tidak perlu banyak-banyak, cukup sediakan beberapa pak buku dengan beragam pilihan cover yang menarik, macam-macam pulpen dan pensil, penghapus dan tipe-ex serta sediakan juga serutan pensil dan aneka spidol. Jika untung sudah mulai kelihatan, maka bisa menabung untuk membeli mesin fotokopi dan kelak pengunjung toko anda bukan anak sekolah saja, melainkan masyarakat lain yang butuh fotokopi.

Kemudian jika di lingkungan anda adalah lingkungan mahasiswa dan mahasiswi yang padat, maka yang paling mereka cari adalah warung makan, laundry, toserba dan warnet. Mungkin untuk warnet membutuhkan modal yang lumayan besar, sebab tak cukup jika hanya dua atau tiga buah komputer saja, belum lagi biaya perawatan komputer dan perbaikan rutin yang harus dilakukan pemilik.

Toserba boleh dicoba, tetapi toserba mini alias warung kelontong. Modal yang dikeluarkan pertama kali mungkin lumayan, tetapi enaknya usaha warung kelontong adalah keuntungan yang mengalir terus selama tokonya dibuka. Setiap hari pasti ada orang yang membeli barang kebutuhan mereka, sabun, deterjen, pewangi pakaian, mi instan, atau pembalut.

Selain toko kelontong, membuka usaha laundry juga menjadi bisnis yang menguntungkan. Dengan bermodal sebuah mesin cuci saja anda bisa membuka usaha laundry dengan mengambil cucian dari kost-kost mahasiswa atau mahasiswi, mendaftar tiap pakaiannya dengan teliti dan mencucinya sampai bersih. Kalau tak punya mesin cuci, bisa gunakan tenaga tangan. Tetapi cara ini tentu sangat melelahkan walau hasilnya jauh lebih bersih dibandingkan mesin cuci.

Beberapa pilihan bisnis modal dengkul alias modal kecil di atas adalah pilihan bisnis yang mudah untuk dilaksanakan, dan santai dalam menjalankannya. Hebatnya lagi usaha ini, sekecil apapun bisnis yang tengah anda jalankan, jika anda memiliki usaha mandiri, maka anda adalah bosnya!

Maka saat anda mencurahkan semua jiwa dan pikiran anda untuk mengembangkan bisnis yang sedang anda geluti, lambat laun usaha anda akan berkembang besar dan bisa mempekerjakan lebih banyak karyawan. Siapa yang menyangka? Dari bisnis modal kecil, akhirnya anda mampu jadi bos besar.


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments