Browse By

Ini Dia Daftar Website Tempat Menabung Saham

Bagikan ke Sosial Media

pexels.com

Semua orang pasti tahu bahwa menabung adalah kegiatan yang bertujuan menyimpan harta yang dimiliki agar tidak habis. Menabung juga menjadi salah satu investasi yang harus dilakukan agar bisa membuat masa depan terjamin. Selain menabung uang, ada banyak hal yang bisa disimpan. Seperti emas dan saham. Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai menabung saham.

Memang menabung saham bukan hal yang banyak dimengerti oleh orang-orang makanya jarang ada yang meliriknya. Kegiatan menabung saham dinilai lebih membinggungkan dibandingkan dengan menabung uang atau barang berharga lain seperti emas, berlian, rumah atau apa pun. Sebenarnya apa itu menabung saham dan bagaimana caranya.  Berikut ini pembahasannya.

Oleh karena menabung saham sangat penting dan menguntungkan maka membuat Bursa Efek Indonesia saja menggalang program bernama “Yuk Nabung Saham”. Masyarakat biasa akan menjadi investor dan melakukan investasi di pasar modal. Mereka harus membeli saham secara berkala dan rutin.

Hal ini merupakan upaya agar pasar modal di Indonesia bisa lebih berkembang. Jika Anda ingin menabung saham dan binggung dimana harus melakukannya maka Anda bisa kunjungi website yang bisa menjadi tempatnya. Salah satunya adalah di yuknabungsaham.idx.co.id. Di sana Anda bisa mempelajari mengenai saham lebih dalam dan langsung melakukan investasi.

Website ini sangat mendukung program Yuk Nabung Saham. Oleh  karena jumlah investor aktif Indonesia hanya sebanyak 30 persen dari total investor pasar modal yang di Indonesia. Makanya program atau kampanye ini mengajak masyarakat Indonesia jadi memiliki kebiasaan melakukan investasi dan menabung. Program ini sudah dimulai sejak tahun 2015.

Berkat program ini membuat jumlah investor saham menjadi bertambah setiap tahunnya. Jika Anda juga ingin melakukan investasi atau menabung saham maka website itu adalah salah satu pilihannya.

Menabung saham sangat berguna agar bisa melawan inflasi. Inflasi merupakan kenaikan harga yang akan terus terjadi yang membuat nilai uang akan turun. Supaya uang bisa mengejar kenaikan harga maka Anda harus bisa mengelolanya. Melakukan investasi adalah cara terbaik. Dibandingkan dengan investasi lainnya investasi saham adalah yang paling menguntungkan.

Menurut data yang diambil dari tahun 2006-2016, investasi saham bisa mengembalikan keuntungan paling besar, yaitu 17,52 persen. Jumlah tersebut jauh lebih besar dibandingkan tabungan yang hanya 2.42 persen, deposito hanya 6.91 persen, emas 7.76 persen, dan obligasi negara sebesar 8.47 persen. Wow, menggiurkan sekali bukan?

Website kedua yang bisa dikunjungi adalah di syariahsaham.com. Mereka juga banyak membahas mengenai program Yuk Nabung Saham yang diselenggarakan BEI. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai tabungan ini adalah membuka rekening efek kemudian menentukan berapa nominal dana yang akan Anda gunaan dalam menabung saham. Sesudah itu Anda bisa menentukan berapa jumlah saham yang dapat ditabung.

Selanjutnya, pada setiap periode Anda harus melakukan setor dana dengan rutin. Jangan lupa beli saham secara rutin juga. Setelah itu Anda bisa mulai menabung saham.

Jika Anda merasa ini terlalu rumit, Anda bisa membuka tabungan reksa dana. Dengan ini Anda tidak perlu mengamati bursa saham sendiri yang membinggungkan. Jadi ini sama saja seperti menabung saham hanya saja pihak bank yang akan “bekerja” untuk Anda. Anda hanya perlu membeli reksa dana dan biasa mendapatkan keuntungan darinya. Untuk memulainya juga tidak perlu mengeluarkan uang yang sangat banyak. Hanya ratusan ribu juga bisa.

Agar bisa menjadi investornya, Anda perlu mendaftarkan diri ke bank yang memiliki layanan ini. Dimana saja tempatnya? Ini dia beberapa di antaranya:

1. CIMB Niaga

Ini adalah bank yang sudah banyak nasabah dan terkenal di Indonesia. Bank ini memiliki layanan bernama CRISP Plus. Reksa dana awal yang bisa Anda berikan adalah 100 ribu rupiah saja karena memang layanannya dibuat untuk pemula.

2. PT Panin Asset Management

Ini adalah anak usaha dari PT Panin Sekuritas. Di sini ada 10 produk reksadana yang bisa dikelola. Pembelian awal dan minimum pembelian yang selanjutnya juga 100 ribu saja. Jadi jika rugi pun tidak terlalu banyak.

3. PT Manulife Aset Management Indonesia

Pembelian dan investasi di bank ini juga hanya 100 ribu rupiah. Cara mendaftarnya juga mudah.

Begitulah informasi mengenai tempat menabung saham. Tertarik untuk melakukannya?


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments