Browse By

Gimana Sich Cara Jualan Online Waktu Gak Siap Modal?

Bagikan ke Sosial Media

cara jualan online

Gimana Sich Cara Jualan Online Waktu Gak Siap Modal?

Tergiur untuk mencoba-coba cara jualan online, kawan saya malah jadi galau. Duh. isi dompet plus tabungan sama-sama super minimal sehingga modal pun kurus-kering. Eh, berniat utang dulu? Lebih baik jangan dech!

Sukurlah tak lama setelah menunda minat berbisnis itu dia akhirnya mendapat kabar menarik. Suatu penerbit buku berbagi info tentang cara jualan online. Pokoknya mudah saja. Enggak perlu mikirin bobot permodalan.

Kalau berminat untuk gabung, maka dia cukup menawarkan dan menjual kembali produk-produk dari supplier. Tentu saja melalui akun media sosial. Andaikan bisa menggaet sebanyak mungkin calon pembeli, maka keuntungan dapat menjadi milik sendiri.

Usut punya usut, cara jualan online sistem dropshipp ini aman kok. Penawarannya juga sering dibuka, dan diminati kawan-kawan dunia maya. Mungkin karena sistem kerjanya tidak begitu ribet dan rumit. Apalagi si pelaku bisnis yang disebut dropshipper, terbebaskan dari tekanan beban modal. Justru karena memasarkan sebagai agen dia bisa mendapatkan insentif.

Ketika mencoba jalur ini, prospek keuangan teman saya bisa terbaca cukup jelas. Mulanya dia menawarkan produk buku supplier ke teman-teman di jejaring sosial terutama para pengguna facebook. Selain itu, dia juga bergabung dengan beberapa grup minat khusus. Misalkan kalau itu buku sejarah, cari saja public grup yang obrolannya tidak jauh-jauh dari isi buku tersebut.

Mungkin bakal ada satu atau dua orang yang minat membeli satu atau dua buah buku. Maka sesuai tugas perbisnisan ini, dropshipper akan mengontak penerbit sebagai penyedia produk. Nantinya segala kebutuhan pengiriman barang diurus penuh oleh supplier.

Nah, keuntungan dropship tentu saja bisa menaikkan harga produk buku itu lebih dari harga asli di gudang penerbit. Pembeli akan mentransfer sejumlah uang dan barulah permintaan barang dikirim oleh supplier menggunakan identitas pribadi dropshipper. Untuk itulah, komunikasi antara reseller dan supplier harus benar-benar terjaga baik, supaya barang tetap mulus dan lancar sampainya ke tangan si pembeli online.

Mudahkah Sistem Dropship untuk Pemula Bisnis?

Walaupun terlihat sangat mudah untuk dijalani, tapi yang namanya jalan bisnis apa pun itu pasti selalu menemui tantangan. Apalagi kalau kita masih bergantung alias tidak bekerja secara mandiri. Tentu harus bisa menyesuaikan segala kondisi dan aturan menurut arah kerjasama bersama supplier.

Nah. berikut ini ada pesan-pesan penting kalau Anda tertarik untuk menjajal cara jualan online lewat sistem dropship.

1. Mengenal Supplier dan Menjalin Komunikasi

     Cara jualan online dropship biasanya dibuka oleh penerbit atau toko buku tapi tidak menutup kemungkinan untuk barang-barang lain. Yang jelas dalam menjalankan bisnis ini, meskipun tanpa modal, Anda perlu mengenal dengan baik penanggung jawab dari perusahaan itu. Jangan sampai nantinya terjadi masalah dalam koordinasi ataupun konflik akibat miskomunikasi.

Sebaiknya pastikan juga kalau rekan kerjasama Anda sudah bergelut cukup lama di bidangnya, termasuk untuk jalur bisnis online. Kualitas produk takkan membuat perasaan dropshipper jadi ragu-ragu untuk meneruskan pada pembeli.

2. Menepati Permintaan Konsumen Sesuai Kesepakatan

Setelah konsumen mengirimkan sejumlah uang ke dalam rekening Anda, artinya barang pesanan segera dikirim. Untuk itu, sebelum ada uang masuk, komunikasikan pesanan tersebut kepada supplier. Jangan sampai tidak ada stok lagi padahal Anda sudah terlanjur membuat transaksi.

Begitu pun ketika barang akan dikirim oleh supplier melalui jasa pengiriman, pastikan nama dan alamat pemesan tidak keliru.

4. Menjalin Hubungan Baik dengan Pembeli Online

Dalam relasi dengan pembeli, pastikan Anda betul-betul mengetahui selak-beluk barang tersebut. Hal ini penting guna menjawab pertanyaan mereka. Ya, meskipun hanya bekerja sebagai penjual perantara tapi pengetahuan soal produk jualan itu ataupun semacamnya, jelas sangat penting.

Akhirnya lagi-lagi soal komunikasi. Berhubung percakapan dengan pembeli akan lebih kuat di media sosial, maka hindari miskomunikasi. Dan yang penting adalah konfirmasi baik sebelum barang dikirim, maupun sesudahnya. Jangan lupa tanyakan pada pembeli soal kepuasan mereka pada kiriman itu. Artinya menjalin persahabatan itu sangat penting, loch.

Sekian dulu inspirasi cara jualan online kalau modal berbisnis di ujung tanduk. Jika tertarik pada penawaran dropship, maka pastikan semua kesepakatan dengan supplier menjadi terang dan jelas. Selamat berbisnis!


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments

  • http://cariuanglewatinternet.com/ Cariuanglewatinternet.com

    Kapan sih waktu yang tepat untuk jualan online? saran saya jangan tunggu waktu yang tepat loch, langsung di coba aja dari sekarang….yuk!