Browse By

Dapet Ilmu Banyak dengan Belajar dari 3 Pengusaha Muda Indonesia

Indonesia adalah negara berkembang dengan masyarakat yang telah mengalami berbagai kemajuan. Hal ini bisa dilihat dari bermunculannya nama-nama pengusaha yang berhasil meraih sukses di usia yang tergolong masih muda. Berikut ini adalah sedikit di antara banyaknya pengusaha muda Indonesia yang bisa kita jadikan inspirasi.

Nadiem Makarim

source : rappler.com:indonesia

Dunia transportasi Indonesia sempat mengalami kehebohan dengan munculnya Go-Jek, yaitu aplikasi online transportasi ojek. Adalah Nadiem Makarim, sosok muda yang berada di balik kehebohan ini. Pria kelahiran tahun 1984 ini menciptakan sistem yang memodernkan transportasi motor yang menjadi andalan masyarakat Indonesia.

Tahun 2011, Nadiem mendirikan Go-Jek. Dengan aplikasi ini, penumpang ojek dan tukang ojek sama-sama diuntungkan. Penumpang tak sulit lagi mencari tukang ojek, tukang ojek tak perlu lagi ngetem lama menunggu penumpang, serta banyak keuntungan lainnya. Hingga kini, Go-Jek jadi andalan transportasi cepat dalam kota. Tidak hanya untuk mengantar penumpang, tapi juga barang atau dokumen.

Berkat Go-Jek, nama Nadiem Makarim melesat menjadi salah satu pengusaha muda sukses dan menginspirasi di Indonesia.

Diajeng Lestari

source : instagram Diajeng lestari

Para hijaber pastinya sangat familiar dengan HijUp.com. Situs yang muncul pada tahun 2011 ini merupakan situs favorit para muslimah yang modis dan trendy. Adalah Diajeng Lestari, hijaber yang menjadi sosok penting lahirnya HijUp.com. Perempuan kelahiran tahun 1986 ini membuat HijUp.com sebagai situs yang khusus membahas fashion muslimah, termasuk menjual pakaian muslimah.

Dengan mengakses HijUp.com, pengunjung tak hanya disuguhi berbagai keperluan muslimah, namun juga infomasi menarik dan edukatif lainnya.

Andrew Darwis

source : ensiklopediaindonesia.com

Para pengguna sosial media tentunya sangat familiar dengan kaskus.co.id, situs lokal yang merupakan forum jual beli dan komunitas online terbesar Indonesia. Kesuksesan Kaskus adalah buah perjuangan keras Andrew Darwis sebagai pendirinya. Pria kelahiran tahun 1979 ini berhasil membawa Kaskus meraih anggota hingga 3 juta orang. Jumlah tersebut telah membuat Kaskus tercatat sebagai 8 besar Top Sites versi Alexa.com. 

Menjadi pengusaha sukses di usia muda memang tidaklah mudah, tapi bukan hal yang mustahil untuk diraih. Berangkat dari pengalaman para pengusaha sukses di atas, ada beberapa poin penting yang harus dilakukan jika kita ingin meraih sukses yang sama.

Berikut adalah beberapa karakter yang dimiliki pengusaha yang sukses di usia muda.

Berpikiran Terbuka

Memiliki pikiran terbuka berarti mau menerima wawasan baru, ilmu baru, pengalaman baru, sudut pandang baru, termasuk menerima pendapat yang berbeda. Semua hal yang baru tersebut bisa berasal dari mana saja, baik dipelajari secara inisiatif maupun berupa masukan dari orang lain. Memiliki pikiran terbuka akan memudahkan kita mendapatkan hal-hal segar yang belum pernah kita ketahui sebelumnya. Ini bisa menjadi sumber insipirasi untuk menciptakan gagasan baru.

Pikiran yang terbuka juga akan memudahkan kita mencerna apa saja yang terjadi di sekitar. Kita bisa memprediksikan apa yang mungkin terjadi dan apa yang diperlukan. Dari sinilah ide untuk menciptakan inovasi baru muncul yang bisa mengantar kepada kesuksesan.

Berani Mengambil Risiko

Sukses itu harus diupayakan dengan upaya semaksimal mungkin. Setiap bidang usaha akan selalu ada risiko yang menyertainya. Risiko inilah tantangannya. Tanpa mengambil risiko sama saja dengan membatasi upaya. Risiko bisa kita anggap sebagai tantangan yang harus dihadapi. Berhasil melalui tantangan ini berarti berhasil mengatasi risiko.

Keberanian mengambil risiko yang dimaksud di sini adalah keberanian yang disertai perhitungan matang. Bahwa suatu keputusan diambil berdasarkan analisa perhitungan kemampuan mengatasi risiko. Berani mengambil risiko tanpa perhitungan sama saja dengan nekat, yaitu mengedepankan nafsu dan mengesampingkan ilmu.

Konsisten terhadap Komitmen

Usaha yang maju dan meraih sukses merupakan hasil dari sebuah proses panjang yang berkelanjutan. Proses panjang ini tidak mungkin bertahan jika para pelakunya tidak memiliki konsistensi pada komitmen yang telah ditetapkan di awal perjuangan.

Konsisten terhadap komitmen artinya mau terus berupaya semaksimal mungkin dalam melaksanakan program yang telah dibuat demi meraih tujuan. Apapun hambatan dan kendala yang mengahdang, tidak membuat putus asa dan menyerah tanpa perlawanan.

Comments

comments