Browse By

Clickbank, Apakah Itu? Apakah Menguntungkan? Cek di Sini Yuk!

Bagikan ke Sosial Media

Dalam dunia bisnis ada banyak sekali istilah yang mungkin belum pernah Anda dengarkan. Banyak juga jenis bisnis baru yang erat hubungannya dengan internet. Clickbank adalah salah satunya. Sebenarnya apa itu Clickbank? Artikel ini akan membahasnya.

Clickbank adalah salah satu jenis bisnis affiliate yang akan membuat Anda mendapatkan uang dolar dalam jumlah yang banyak. Tentu saja jika sukses. Arti luasnya adalah sebuah marketplace yang membuat Anda bisa menjual berbagai produk digital, sebut saja software, ebook, tutorial, dan lain sebagainya. Bisnis ini sudah ada sejak tahun 1998 dan telah menjaring banyak orang untuk melakukan bisnis ini.

Jika Anda langsung datang ke website resminya di clickbank.com maka ada banyak kategori yang bisa Anda pilih. Sebut saja bisnis daan investasi, seni dan entertainment, e-marketing dan e-bussiness, pendidikan, pekerjaan dan karyawan, fiksi, makanan, permainan, kesehatan, bahasa, rumah dan taman, keluarga, politik, dan beberapa kategori lainnya. Itu artinya produk Clickbank memiliki pilihan yang sangat banyak.

Sampai saat ini ada sekitar 38.000-an produk yang dimiliki dan ada 10.000 pemasar yang aktif. Itu artinya yang mempercayai dan tertarik dengan bisnis ini sangat banyak. Dari sekian banyaknya marketplace yang ada, Clickbank ini salah satu yang paling diminati karena produk-produknya yang unggul.

Anda bisa mendapatkan uang jika menjadi “mitra” Clickbank dengan cara sebagai berikut.

  • Jadi affiliate marketing Clickbank. Ini adalah cara yang paling mudah agar Anda bisa mendapatkan penghasilan. Caranya adalah hanya perlu mendaftar jadi membernya sesudah itu Anda harus jadi marketing dan menawarkan produk-produk yang dijualnya.
  • Membuat produk kemudian menjualnya. Ini adalah cara yang tidak terlalu praktis karena Anda harus membuat dulu produknya baru bisa dijual. Produk yang dibuat juga harus menggunakan bahasa Inggris. Dengan begini tidak semua orang bisa melakukannya.

Meski memang sangat menguntungkan tapi nyatanya Clickbank memiliki kelemahannya tersendiri, antara lain karena:

  • Tidak Ada Jaminan

Segi pengawasan dari Clickbank itu lemah karena jika ingin bergabung, jalan yang ditempuh sangat mudah. Segala produk dan proses pengirimannya tidak ada jaminannya. Apakah akan sampai atau apakah kualitas produknya baik kita semua tidak tahu. Agar tidak rugi dan terkecoh maka Anda harus cerdas dan jeli memilih produk yang harus dipasarkan.

  • Persaingan yang Tinggi

Oleh karena ada banyak sekali anggotanya yang tersebar di seluruh dunia maka semakin besar persaingan yang harus dihadapi. Dengan kemudahan dan banyaknya produk yang dijual maka banyak orang yang tergiur untuk ikut.

  • Dapat Uang Jika Jual Barang

Ini hal yang sebenarnya wajar. Anda harus mendapatkan pembeli baru dibayar. Namun karena disini adalah tempat para marketing maka bayaran yang diberikan sesuai dengan jumlah barang yang terjual. Makanya lebih baik jika ingin bergabung ke Clickbank jadikan ini sebagai pengisi waktu luang dan penambahan rekening saja. Jangan jadikan bisnis utama.

Jika Anda berhasil menjual sebuah produk maka Anda akan mendapatkan komisi paling besar sampai 75 persen dari harga produk. Namun besarnya komisi akan tergantung kepada merchant atau perusahaan yang punya produk yang akan dijual. Komisi untuk Anda akan besar karena untuk membuat produknya tidak dibutuhkan biaya produksi yang mahal. Bahkan transaksinya dilakukan secara online dan produknya didapatkan dengan cara didownload. Jadi uang untuk biaya produksi akan diganti jadi untuk membayar marketing.

Memang terdengar mudah tapi sebenarnya tidak. Untuk bisa menjual produk dari Clickbank maka Anda harus memiliki strategi khusus. Beberapa strategi yang bisa dilakukan adalah melakukan email marketing, PPC Ads, Social Media Marketing, website atau blog marketing dengan SEO, dan lain sebagainya.

Agar Anda bisa menjadi affiliate marketing Clickbank yang sukses maka harus ada beberapa hal yang diperhatikan, antara lain:

  • Memperhatikan %refd. Ini akan menunjukan besarnya produk yang laku. Jika angkanya besar maka Anda bisa memilih produknya.
  • Melihat gravity. Hal ini menggambarkan baik tidaknya tingkat konversi dari produknya.
  • Perhatikan sales letter. Jika sales letter atau kata-kata promosi menjual maka penjualan produknya akan mendapatkan prospek yang lebih baik.

Demikianlah pembahasan mengenai Clickbank yang bisa disampaikan. Semoga dengan informasi yang diberikan Anda jadi bisa menjadi orang yang sukses dalam dunia bisnis online ini.


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments