Browse By

Catering Bento, Contoh Usaha Kuliner Unik yang Menggiurkan!

Bagikan ke Sosial Media

Usaha Kuliner Unik

Usaha Kuliner Unik

Ingin mencoba usaha kuliner unik? Yup, katering online dengan tema bekal anak bisa menjadi pilihan yang menarik. Usaha kuliner unik bertema bekal anak-anak ini sangat menjanjikan apabila sanggup dikelola secara tepat. Anda juga bisa melakukannya dari dalam rumah secara fleksibel.

Bisnis menarik ini bisa membantu para ibu yang ingin menyiapkan bekal khusus bagi anak-anaknya. Maka salah satu ciri khas catering bento adalah by order atau sesuai pesanan. Untuk itu, minimal seorang pengusaha harus memiliki seorang karyawan dengan job khusus sebagai delivery order.

Namun demikian, aset paling berharga dalam usaha kuliner unik ini adalah jaringan komunikasi. Manfaatkan semua kemudahan online yang selalu menghubungkan Anda dengan pembeli setia. Jangan mengabaikan kritik dan saran agar para pelanggan catering bento tidak berhenti menghubungi Anda dengan berbagai alasan.

Nah, bagaimana solusi merintis usaha catering bento online?

1. Memasak Sesuai Pesanan.

Tips utama dalam usaha kuliner unik ini adalah memasak sesuai dengan pesanan saja.

 Adapun waktu orderan itu jangan terlalu mendadak sebab memasak bekal membutuhkan persiapan yang cukup lama. Terutama untuk keperluan anak-anak berangkat sekolah, bekal makanan selama kursus di siang hari, ataupun moment lain seperti ulang tahun.

2. Mengatur Jadwal Pesan dan Antar.

Komunikasi dengan pemesan bekal harus terjalin dengan baik supaya oderan bekal dapat sampai ke tangan konsumen. Karena itulah, jika peluang bisnis makanan ini sudah mapan, sebaiknya didukung dengan tenaga delivery service untuk daerah pemesanan yang cukup jauh. Namun sebagai permulaan, carilah sejumlah pembeli yang mudah ditemui di sekitar Anda saja.

3. Mengerti Minat dan Kebutuhan Anak-anak.

Selain rasa bekal makanan itu harus sesuai kesukaan anak-anak, kemasan makanan juga penting diperhatikan. Misalnya bento berbentuk karakter kartun yang unik dan lucu. Namun ingat pula untuk melengkapi bekal mereka dengan kecukupan sayur-sayuran.

Tips Sederhana Membuat Usaha Kuliner Unik Bento Online

1. Ciri khas unik menu catering bento

Pengaturan jenis lauk-pauk harus seunik mungkin namun sanggup menggugah selera. Maka untuk membuat sepaket Bento, Anda membutuhkan peralatan berikut ini.

  • Kotak makan.
  • Pinset untuk meletakkan potongan lauk dan sayur yang kecil.
  • Gunting, pisau, dan cutter. Untuk memotong nori atau rumput laut menjadi bentuk mata, rambut, hidung, dan sebagainya.
  • Nori Puncher. Sebuah pemotong khusus nori untuk membuat karakter wajah.
  • Cetakan nasi dan plastik wrap.
  • Cetakan telur.
  • Cetakan roti.

2. Trik Mempersiapkan Menu Catering Bento Sesuai Pesanan

  • Buatlah jadwal makanan dengan tema bento kemudian tawarkan melalui media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain.
  • Persiapkan frozen food, daging, telur, nori, sayuran, dan puding, setelah mendapat orderan bento. Masukkan ke dalam kulkas dan frezer sampai siap untuk diolah.
  • Persiapkan bumbu-bumbu sebagai stok simpanan, terutama bumbu bawang yang sudah dihaluskan.

3. Tips Pemasaran Bento Sebagai Usaha Kuliner Unik yang Menjanjikan

  • Manfaatkan media sosial untuk pemasaran catering bento Anda, antara lain Instagram, Facebook, dan Masukkkan foto-foto desain bento yang paling menarik dan menggugah selera.
  • Selain melalui media online, sebarkan brosur ke sekolah-sekolah atau perumahan yang menjadi target pasar Anda. Dan sebaiknya, ruang pemasaran bento tidak begitu jauh dari jangkauan rumah Anda.
  • Untuk setiap bento set catering, harga yang dipatok boleh cukup tinggi. Selain bahan baku cukup mahal, proses pembuatan bento juga terbilang lama dan rumit. Kisaran harga Rp. 30.000 – 100.000 cukup layak untuk ditawarkan.
  • Untuk menjaga selera konsumen terutama anak-anak, jangan pernah lelah mencoba inovasi dan kreativitas baru. Proses inilah yang membuat harga sekotak bento melambung tinggi.

Yuk, Berbisnis Catering Bento!

Menekuni usaha kuliner unik ini tidak semudah bisnis kuliner pada umumnya. Dibutuhkan perhitungan yang sangat cermat sedari membuat bento sampai proses pemasaran. Namun kunci sukses berbisnis bento adalah kreativitas dan motivasi untuk membuat anak-anak merasa gembira. Tantangan bisnis kuliner yang sangat unik plus inspiratif. Berani mencoba?


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments