Browse By

Cara Jitu untuk Memulai Bisnis Online Makanan Ringan

Bagikan ke Sosial Media

Bisnis Online Makanan Ringan

Cara Jitu untuk Memulai Bisnis Online Makanan Ringan

Makanan adalah hal yang selalu dibutuhkan oleh setiap manusia. Untuk hidup dan bertumbuh, manusia membutuhkan makanan. Itulah kenapa usaha kuliner menjadi pilihan pertama bagi hampir semua pebisnis pemula. Selain mudah, modal yang tidak terlalu besar, target pasar pun sangat beragam, tinggal bagaimana kita memilih jenis makanan yang disukai oleh masyarakat. Selain usaha jenis makanan besar seperti menjual lauk pauk, sayur dan teman-temannya, usaha makanan yang kini sedang banyak diminati adalah bisnis online makanan ringan.

Usaha ini sangat cocok menyasar banyak kalangan. Hampir setiap kalangan usia di berbagai status sosial telah menjadikan ngemil sebagai bagian dari gaya hidup, maka dipastikan bahwa makanan ringan alias snack adalah jenis usaha yang sangat menjanjikan. Untuk bisa memulai bisnis ini maka diperlukan lima langkah awal berikut.

Hal pertama yang patut diketahui untuk memulai bisnis online makanan ringan adalah menentukan produk. Apakah produk yang akan kita jual merupakan olahan sendiri atau kita hanya menjualkan olahan dari orang lain. Tentunya akan lebih mudah jika produk yang kita jual merupakan olahan sendiri, karena kita bisa memantau langsung bagaimana cita rasa dan kualitasnya.

Namun jika kita memilih untuk menjualkan produk olahan orang lain, maka kita perlu melakukan penelitian lebih lanjut, bahkan kalau perlu kita datang langsung ke tempat produksi agar lebih mengenal produk yang akan kita jual. Menjual produk sendiri akan jauh lebih menguntungkan karena harga jual akan bisa ditekan dan disesuaikan dengan harga produksi. Berbeda ketika kita menjualkan produk olahan orang lain, itu artinya akan ada biaya tambahan yang memengaruhi harga jual.

Selain menentukan produk yang akan dijual, berikutnya pilih target pasar yang akan disasar. Apakah kita akan menjual produk di kalangan anak muda, ibu-ibu, bapak-bapak atau anak-anak. Pastikan juga range usia yang bisa dijangkau oleh produk yang akan kita jual. Status sosial juga memengaruhi bagaimana kita akan mengemas produk sehingga menarik target yang kita kehendaki. Lakukan survei dan kecil-kecilan bisa sangat membantu kita dalam langkah ini.

Selanjutnya dalam memulai bisnis makanan ringan adalah sesuaikan target pasar dengan kemasan jual. Ketika sasaran kita adalah anak-anak muda, maka pastikan kemasan makanan ringan yang kita jual sesuai dengan dunia mereka yang fun, lucu dan kreatif. Tentunya akan berbeda jika yang kita jual makanan ringan untuk booster ASI bagi ibu menyusui, kemasan elegan dan simple akan lebih disukai.

Status sosial dari target yang disasar juga menjadi pertimbangan saat kita mengemas snack jualan kita. Saat target kita adalah kelas menengah ke atas, maka kemasan yang eksklusif dan mewah bisa menjadi pilihan.

Tips keempat dalam bisnis ini, sebagaimana bisnis online lainnya, maka selanjutnya adalah kita perlu mempelajari bagaimana teknik online marketing yang baik. Berbeda dengan berjualan offline yang memungkinkan kita untuk menawarkan produk secara door to door dan face to face, ketika berjualan online, lingkup yang kita sasar semakin luas. Maka sangat penting bagi kita membangun branding produk yang kita miliki dengan mengaktifkan semua sosial media yang dimiliki lewat postingan-postingan yang kita sesuaikan dengan produk dan target yang akan kita sasar.

Melakukan bisnis online sangat membutuhkan support system yang sangat baik. Pastikan kita selalu fast response untuk setiap orderan atau segala macam pertanyaan dan keluhan yang disampaikan oleh customer. Dikarenakan bisnis online merupakan bisnis antar tempat dan waktu, maka kepercayaan antara pemilik usaha dan customer sangat diperlukan.

Dengan memiliki support system yang baik, maka bisnis online akan berkembang dengan cepat. Support system itu antara lain memiliki customer service yang tanggap. Jika kita memiliki modal berlebih kita bisa mempekerjakan orang di bagian ini, sehingga ketika orderan membludak kita tidak pusing tujuh keliling.

Pastikan satu customer service hanya menggawangi satu sub bagian, misal satu customer service hanya untuk melayani orderan lewat whatsapp, satu customer service di bagian BBM, satu customer service dalam mengoptimasi fanpage dan website. Dengan pembagian seperti ini, bisnis online akan berjalan lebih optimal.

Yang paling penting dalam menjalani bisnis online makanan ringan adalah jangan biarkan kreatif yang kebablasan berkembang. Seperti yang kita dengar beberapa minggu yang lalu diketemukan makanan ringan untuk anak-anak yang terindikasi pornografi. Untuk menjadi yang terdepan, trend setter, dan cepat dikenal, tidak berarti kita harus mengabaikan norma-norma sosial dan agama. Semangat berbisnis!

Baca Selengkapnya :
Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan Beromzet Besar

Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments