Browse By

Bisnis dengan Modal Kecil untuk Pemula Tanpa Bikin Rugi

Bagikan ke Sosial Media

Bisnis dengan Modal Kecil

Bisnis dengan Modal Kecil

Untuk memulai sebuah bisnis itu tidak hanya membutuhkan kemauan saja, tetap juga butuh modal yang tidak sedikit. Apalagi prinsip yang memang berlaku di dunia bisnis itu adalah semakin besar modal yang kita keluarkan maka semakin banyak pula untung yang akan didapatkan. Jarang pebisnis yang memilih jalur bisnis dengan modal kecil, sebab mereka yakin dengan kemampuan mereka mengolah uang yang tidak sedikit. Tetapi tidak ada bisnis yang tanpa risiko rugi, sepandai apapun seseorang dalam menjalankan bisnisnya, maka kerugian itu pasti akan selalu ada.

Untuk antisipasi kebangkrutan atau kejatuhan ekonomi saat terjadi hal-hal yang tak terduga dalam bisnis, maka memilih bisnis aman dengan modal kecil jadi solusi, walaupun penghasilan yang didapatkan juga tak besar-besar amat, tetapi jika dikerjakan dengan tekun maka hasilnya akan memuaskan. Tetapi bisnis dengan modal yang kecil ini bukan hanya aman untuk kondisi perekonomian si owner, namun juga cocok untuk para pemula yang memang tidak memiliki banyak modal untuk memulai usaha.

Pilihan Usaha dengan Modal Kecil

Jika merasa mampu dan memilliki modal yang berlimpah, langsung memodali sebuah bidang usaha dengan besar-besaran tak ada salahnya. Tetapi jika anda termasuk orang yang berhati-hati, apalagi jika anda belum yakin betul dengan kemampuan anda dalam bidang bisnis atau usaha yang akan anda ambil, menginvestasikan sedikit modal untuk uji coba adalah pilihan yang tepat.

Selama mengolah modal pertama itu anda akan mempelajari pergerakan pasar di usaha tersebut, menyesuaikan diri dengan situasi kompetisi dengan sesama pebisnis di bidang yang sama dan bisa mengatur strategi ke depan untuk mengembangkan bisnis anda. Tetapi, apa saja bisnis dengan modal kecil yang cocok untuk pemula?

  • Franchise merek kenamaan:

Jika anda sering pergi ke mall atau tempat-tempat wisata, maka anda akan melihat banyak gerobak-gerobak dagang dengan merek kenamaan. Nah, mereka adalah franchise atau cabang dari merek dagang kenamaan. Untuk memulai usaha ini, cukup mendaftar sebagai franchise dan menyiapkan uang modal mulai dari satu juta Rupiah hingga tiga juta, untuk member resmi, izin penggunaan merek, gerobak dagang dan produk yang akan dijual, serta pelatihan singkat.

  • Car shop:

Jika anda memiliki mobil atau motor sekalipun, gunakan kendaraan bermotor anda untuk menjajakan barang atau jasa. Sebuah merek brownies kenamaan sudah mempraktekkan bisnis ini, mereka memiliki banyak sekali franchise yang berupa mobil pribadi, tersebar ke seluruh Jawa untuk menjual brownies mereka di tempat-tempat umum.

  • Online shop:

Yang terakhir ini membutuhkan modal yang paling sedikit. Modal mendasar yang pastinya anda miliki adalah ponsel pintar yang bisa digunakan untuk menggunakan WhatsApp, BBM, Instagram, serta Facebook, dan juga tentu saja jaringan internet. Pilih salah satu media sosial lalu buat online shop anda sendiri dengan memasukkan foto barang-barang yang akan dijual.

Di mana dapatkan barang yang dijual? Tinggal jadi reseller dari toko besar, tanpa mengeluarkan biaya lagi nanti toko besar akan memberikan foto khusus untuk reseller atau dropshipper dan anda bisa langsung berjualan. Setiap pesanan yang datang, salurkan pada toko besar dimana anda jadi reseller, nanti tim di sana akan memproses pesanan dari costumer anda, dan memaketkannya atas nama anda. Keuntungan didapat dari bonus yang diberikan pihak toko atas penjualan yang berhasil anda lakukan.

Bagaimana? Sudah dapat inspirasi bisnis dengan modal kecil yang cocok untuk anda kerjakan? Sedikit risiko rugi juga pasti menambah rasa percaya diri. Percaya diri dan yakin bahwa anda, walau pemula bisa melakukan bisnis yang baik dan bisa sampai ke puncak kejayaan.


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments