Browse By

Bingung Mau Usaha Apa? Kuncinya Adalah Hobi!

Bagikan ke Sosial Media

Bingung Mau Usaha Apa

Bingung Mau Usaha Apa

Seliweran aneka tren dan mode bisnis membikin kamu semakin bingung mau usaha apa dengan modal tipis. Nah, kenapa harus berpusing ria selama bisa memilih bisnis yang sesuai kemampuan diri sendiri?

Jangan bingung mau usaha apa. Memang di permulaan dari semua usaha kreatif itu butuh kekuatan minat atau hobi, ditambah ketekunan si pengusaha. Namun lama kelamaan suatu kreasi unik dan menarik bisa disukai banyak orang, sampai mereka rela menjadi pembeli dan pelanggan.

Jika permintaan datang secara rutin maka takkan ada kata mustahil untuk mengumpulkan pundi-pundi uang ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Jangan bingung mau usaha apa. Cukup matangkan hobi dan minat dalam dirimu kemudian inovasikan semenarik mungkin.

Masih Bingung Mau Usaha Apa? Tips 5 Jenis Hobi Asik Ini Jalanmu Berbisnis!

1. Memasak Itu Hobi Favorit Semua Orang

Hobi yang satu ini amat paten disukai seantero dunia. Melalui hobi memasak kamu bisa membikin apa saja untuk dijual dengan cara apapun. Sedari proses masak, penyajian, dan terutama citarasa lezatnya harus sanggup memanjakan lidah para pelanggan.

Suka tapi bingung mau usaha apa di bidang perkulineran? Wajar karena hobi masak juga memiliki cabang yang variatif. Antara lain membuat camilan ringan, roti dan kue, makanan sehari-hari, pasta, dan masih banyak lagi. Untuk berbisnis, tentukan fokusmu pada salah satu tipe makanan yang paling disukai dan dikuasai.

 

2. Bingung Mau Usaha Apa? Melukis, Yuk!

Suka menggambar dan melukis? Jangan sia-siakan minat dan bakat spesial dalam dirimu. Ada banyak cara supaya hobi ini menghasilkan untung yang diinginkan.

Dan lagi-lagi kamu tidak harus membikin pameran tunggal di galeri seni untuk menjual lukisanmu. Misalkan untuk sebuah lukisan pemandangan, atau mungkin suatu sketsa wajah, bisa ditawarkan kepada teman-teman. Ataupun mungkin dipasarkan melalui media online.

Jika banyak orang tertarik dengan gambar tersebut, maka kelak kamu bisa berkesempatan untuk memasarkan karya lukismu secara lebih luas.

 

3. Hobi Jasa Desain, Kebutuhan Banyak Perusahaan

Jika kamu suka membuat rancangan atau desain kreatif teruslah menekuni bidang desain. Pada saat ini dan seterusnya segala bentuk jasa desain sangat dibutuhkan, seperti desain interior, desain baju, desain grafis, dan lain-lain.

Secara khusus untuk desain grafis, kamu bisa memanfaatkan peluang yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan ternama. Biasanya mereka mencari para ahli grafis untuk mempercantik website, blog, maupun logo perusahaan. Berkat hobi inilah kamu bisa mendaratkan jutaan rupiah di dalam rekening yang menipis.

 

4. Serunya Hobi Fotografi, Situs Foto Pun Berbayar!

Bisa dikatakan kalau separuh masyarakat dunia ini memiliki hobi fotografi meskipun hanya iseng-iseng saja. Nah, dari keisengan itu kamu pun bisa menghasilkan uang dari kegiatanmu selama hunting foto.

Ada banyak situs fotografi yang siap membayar mahal antara lain Shutterstock, Bigstockphoto, dan Dreamstime. Jika karya fotomu di download puluhan orang maka kamu bisa mendapatkan komisi hingga 80%.

Jadi buat apa bingung mau usaha apa dengan modal minimalis. Hobi fotografi adalah sampingan usaha yang sangat menjanjikan.

 

5. Berkebun. Solusi Anti Bingung Mau Usaha Apa!

Siapa bilang kegiatan berkebun dan bercocok tanam itu identik dengan hobi orangtua. Padahal hobi cantik ini membuka prospek bisnis yang keuntungannya luar biasa menggiurkan.

Jika kamu memiliki sebuah lahan atau minimal halaman di depan rumah, efektifkan produktifitas tanaman disana. Misalkan sayur-mayur yang menjadi kebutuhan pokok orang banyak. Menariknya, tidak harus menggunakan media tanah.

Saat ini sedang hitz cara berkebun menggunakan media pipa berisi air atau disebut hidroponik. Selain tumbuh lebih cepat,  kualitas tanaman juga lebih variatif. Jadi, tidak perlu bingung mau usaha apa kalau halaman rumah dapat dijadikan lahan bisnis yang segar!

 

Tips Menjadikan Hobi Jadi Bisnis Menguntungkan

  • Meskipun berawal dari minat atau hobi, namun Anda tetap perlu merencanakan strategi usaha yang jelas, termasuk masalah pemasarannya.
  • Mau menerima saran jika karya tangan yang Anda banggakan itu mendapat kritik untuk perbaikan secara kualitas.
  • Terakhir, jangan cepat merasa puas. Selalu lakukan inovasi supaya hasil karya Anda lebih menarik dari sebelumnya.

Selamat mencoba!

Baca Selengkapnya :
Cari Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments