Browse By

Apa Sih Itu Landing Page? Ini Jawabannya!

Bagikan ke Sosial Media

Dunia internet itu dunia yang luas. Ada banyak sekali informasi yang bisa didapatkan. Sebuah website memiliki kelebihannya masing-masing, dan website pun memiliki banyak istilah. Salah satunya adalah landing page. Tahukah Anda apa itu? Anda bisa membaca artikel ini yang akan membahasanya.

Landing page memang erat kaitannya dengan sebuah halaman website terutama yang berhubungan dengan internet marketing. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakannya.

Dalam pengertian yang sederhana, landing page adalah sebuah halaman website yang pertama kali terlihat ketika Anda masuk ke sebuah halaman website. Jadi landing page ini semacam home di internet. Landing page harus dibuat dengan karakteristik yang sesuai dengan tema website karena bagian ini akan membuat popularitas sebuah website menjadi lebih baik.

Ada beberapa hal harus Anda tahu kenapa perlu menggunakannya di website Anda. Berikut ini informasinya.

Tertuju Langsung

Maksud dari hal ini adalah dengan menunjungi landing page, pembaca tidak akan merasa binggung dengan begitu banyaknya postingan dalam website. Jika mereka langsung melihat banyak postingan bisa saja mereka tidak tertarik sehingga malas mengunjunginya lagi. Sedangkan, jika menuju ke landing page lebih dulu justru mereka akan lebih penasaran dengan isinya.

Di landing page tidak akan ada yang namanya link keluar. Yang ada adalah item sasaran, seperti produk-produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Menghasilkan Lead

Landing page juga berguna jika Anda ingin menargetkan pemirsa yang akan mengunjunginya. Dengan halaman ini pemirsa akan diarahkan ke halaman yang cocok untuk mereka. Dibandingkan dengan halaman yang sebenarnya, landing page ini biasanya lebih menarik. Seperti yang sudah sedikit dibahas di atas.

Jika digunakan sebagai sarana internet marketing maka Anda bisa menuliskan beberapa menu yang berhubungan dengan bisnis yang dikerjakan.

Mudah Dipahami

Ini hal yang harus sangat diperhatikan karena dengan lebih mudah dipahami, website Anda bisa lebih disukai. Dengan mudah Anda akan mendapatkan statistik yang banyak.

Harga Iklan Lebih Murah

Jika website Anda memiliki landing page dan menggunakan iklan dengan PPC atau Adwords maka peringkat yang baik akan lebih mudah Anda dapatkan. Dengan begiu, Anda jadi bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak meski iklan yang ditampilkan Anda beli dengan harga yang lebih mahal.

Keuntungan lainnya adalah menjual lebih banyak produk yang dipromosikan, dan menjaring banyak alamat email.

Jadi bisa dipahami bukan mengapa landing page sangat penting bagi website terutama yang berhubungan dengan internet marketing?

Membuat landing page bukan hal yang terlalu sulit karena Anda bisa menggunakan beberapa tool yang penggunaannya sangat mudah. Beberapa tool yang bisa digunakan adalah sbb:

Macaw

Anda bisa menggunakannya jika sudah mendownloadnya secara langsung dari website Macaw yang resmi. Sesudah didownload maka buka softwrare ini kemudian Anda. Memang Anda harus mengatur semuanya sendiri jadi harus lumaayan ahli.

Squarespace

Anda bisa mengedit halaman landing page sesuai keinginan kemudian klik saja tombol Publish Now setelah itu lakukan lah pembayaran. Untuk tool ini Anda bisa menggunakan layout yang sudah disediakan jadi lebih mudah dan tidak membinggungkan.

Instapage

Di sini ada begitu banyak pilihan template yang bisa Anda pakai untuk landing page sehingga lebih memudahkan. Anda hanya perlu memilih mana elemen yang akan digunakan kemudian diedit sesuai dengan keinginan. Di sini selain membelinya, Anda juga bisa mendapatkannya secara gratis tapi dengan versi trial.

Webflow

Webflow kerjanya mirip dengan Adobe Photoshop. Di dalamnya ada banyak sekali fitur yang bisa Anda pilih dan gunakan. Anda juga bisa memilih 4 tampilan seperti tablet, desktop, mobile portrait, dan mobile landscape.

Sedangkan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya adalah adanya fitur One Click Code Export yang akan membuat hasil landing page yang telah dibuat bisa dieksport.

Launchrock

Di sini juga ada banyak template yang bisa dipilih dan semuanya sangat bagus juga menarik. Semua desain yang dimilikinya benar-benar responsif. Jika Anda menggunakan akun pro maka per bulannya hanya harus membayar sekitar 5 dolar saja.

Selain yang sudah disebutkan di atas ada juga Clickfunnel, Webydo, Instapage, dan masih banyak lagi.

Demikianlah pembahasan mengenai landing page pada website. Semoga pembahasan ini bermanfaat.


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments