Browse By

9 Cara Belajar Internet Marketing dengan Mudah dan Cepat

Bagikan ke Sosial Media

Cara Belajar Internet Marketing

9 Cara Belajar Internet Marketing dengan Mudah dan Cepat

Internet marketing adalah bagian penting dari sebagian besar bisnis yang dijalani sekarang ini. Meskipun mungkin kamu tidak melakukan penjualan secara online, namun kamu tetap harus belajar mengenai internet marketing agar kamu bisa mendorong banyak konsumen untuk datang ke website dan melihat portofolio dari produk yang kamu jual. Artikel singkat ini akan menunjukkan padamu bahwa ada 9 cara belajar Internet marketing dengan cepat dan mudah.

Berkenalan dan Memulai Internet Marketing

Langkah pertama ialah lakukan berselancarlah di dunia maya, kunjungi satu web ke web lainnya dan belajarlah dari setiap situs yang kamu datangi. Jika kamu tidak memiliki banyak pengalaman dengan internet, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah promosikan diri dengan online lewat iklan banner di sisi halaman web, dan portal-portal online semacam Tokopedia, Elevenia, dan semacamnya.

Langkah kedua ialah daftarkan usahamu ke semua akun media sosial. Sebisa mungkin pisahkan akun media sosial pribadi dengan page bisnismu. Ini untuk memperlihatkan profesionalisme dan kesungguhanmu dalam berbisnis. Selami dan lengkapi sosial media yang kamu miliki, mulai dari Facebook, Twitter, Linked In, Pinterest, Google Plus, dan banyak lagi.

Langkah ketiga, jika memungkinkan dan kamu memiliki semangat belajar yang cukup tinggi, carilah gelar dalam pemasaran dengan fokus pada online atau internet marketing. Dengan memiliki gelar biasanya orang cenderung lebih cepat percaya dan mendengar apa yang kita jual dan katakan.

Langkah keempat dalam rangkaian cara belajar Internet marketing adalah dengan mengambil kelas belajar internet marketing. Jika tidak memungkinkan bagimu mengambil langkah yang ketiga, maka langkah yang keempat ini merupakan solusi yang lebih mudah. Untuk belajar internet marketing kini kamu tidak perlu kuliah secara formal, tinggal gabung saja di grup-grup Facebook dan kamu bisa ikut kelas berkelanjutan mengenai dunia pemasaran online ini.

Memahami Dasar-dasar Internet Marketing

Langkah kelima ialah dengan mempelajari langkah-langkah analisis Internet. Jika kamu sudah cukup mengetahui dasar-dasar media sosial, SEO, dan bagaimana membuat website, maka kamu dapat belajar Internet marketing sendiri. Kunci dari sebagian besar teknik pemasaran internet adalah memahami pesaingmu, mengumpulkan data dan analisis pasar.

Setelah itu tentu saja temukan pasar yang ingin kamu tuju. Kita bisa saja sama-sama berjualan baju, tapi jika pasar yang dituju berbeda, maka diperlukan teknik dan pendekatan yang berbeda pula. Maka dari itu, menentukan pasar adalah cara untuk mempermudah kita dalam menjual produk dengan lebih sistematis dan optimal.

Langkah keenam dalam cara belajar internet marketing adalah menentukan siapa pesaing utama. Telitilah bagaimana mereka bekerja, bagaimana mereka memasarkan dan seberapa besar pangsa pasar yang mereka miliki. Pelajarilah kekuatan dan kelemahan pesaingmu. Bahkan kamu mungkin perlu membeli sesuatu dari mereka agar dapat memahami bagaimana mereka menyelesaikan proses penjualan mereka.

Langkah ketujuh ialah menentukan siapa pelanggan idealmu. Untuk produk apapun, kamu harus dapat melihat siapa yang akan membeli produk. Setelah kamu menentukan demografi pasar produkmu, kamu akan lebih mudah menentukan di mana mereka banyak menghabiskan waktu Internet, apakah mereka lebih banyak bermain di Facebook, Twitter, atau Instagram.

Langkah kedelapan ialah menafsirkan data yang telah dikumpulkan. Buatlah laporan menggunakan Google Analytics, software atau spreadsheet yang bisa menunjukkan data pasar, persaingan dan pelanggan. Data tersebut yang akan menjadi pemandu terbaikmu dalam menjalankan pemasaran online.

Langkah kesembilan tentu saja mengembangkan strategi. Gunakan penelitian dan kesimpulan dari laporanmu untuk mengembangkan strategi sukses dalam mencapai target demografis yang telah kamu miliki. Mulailah dengan menggunakan metode yang telah berhasil dilakukan oleh pesaingmu, kemudian perlahan-lahan temukan cara yang lebih inovatif.

Satu hal yang perlu kamu ingat dalam cara belajar internet marketing adalah pahami bahwa dunia pemasaran Internet akan terus berubah. Maka pastikan untuk terus meningkatkan pengetahuanmu di dunia ini dan jangan cepat merasa puas.


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments