Browse By

7 Tips Memulai Usaha Kuliner Beromzet Besar

Bagikan ke Sosial Media

Usaha kuliner masih menjadi pilihan bisnis yang paling menarik banyak orang. Tentu saja karena setiap orang membutuhkan makan, makanya bisnis makanan tidak akan pernah ada matinya. Tinggal bagaimana saja kita bisa mengeksekusi ide menjadi suatu produk yang tidak hanya dibutuhkan namun juga disukai oleh banyak orang. Berikut ini merupakan tujuh tips memulai usaha kuliner yang patut Anda praktikkan agar omzet besar tidak hanya menjadi impian.

1. Survei dan Pengumpulan Data

Tips Memulai Usaha Kuliner

7 Tips Memulai Usaha Kuliner Beromzet Besar

Sebelum memulai usaha kuliner, ada baiknya Anda melakukan research kecil-kecilan. Mulailah bertanya pada teman, kerabat, relasi dan masyarakat di sekitar Anda, apakah jenis makanan yang paling pas dijual di daerah lingkungan target pasar Anda.

Selain itu, akan ada baiknya jika Anda memiliki peta demografis yang jelas mengenai pasar yang Anda tuju. Apakah produk yang akan diluncurkan lebih cocok untuk anak muda, keluarga atau anak-anak, wanita atau pria, tua atau muda, kelas menengah atas atau bawah. Semua data ini akan sangat membantu Anda dalam menentukan produk, pasar dan lokasi usaha.

2. Memilih Menu Andalan

Setelah jenis makanan yang disukai di daerah tersebut telah didapatkan. Kini saatnya Anda menggali ide akan diapakan makanan tersebut. Bila di daerah yang sama telah ada penjual makanan dengan jenis yang sama, maka pikirkan bagaimana Anda harus memodifikasinya. Jika Anda menjual lebih dari satu menu, tentukan menu andalan yang akan membantu branding usaha.

Tips Memulai Usaha Kuliner

7 Tips Memulai Usaha Kuliner Beromzet Besar

3. Memilih Lokasi dan SDM

 

Tips memulai usaha kuliner selanjutnya yaitu memilih lokasi dan sumber daya manusia. Lokasi adalah salah satu hal yang paling menentukan dalam kesuksesan proses jual beli. Seenak apapun makanan yang Anda jual, jika lokasi jualan terlalu susah dijangkau, maka orang akan berpikir ulang untuk datang ke tempat Anda.

 

Selain menentukan lokasi jualan, Anda juga perlu memikirkan sumber daya manusia yang akan membantu Anda mengelola bisnis ini. Apakah Anda akan menjalankan seorang diri atau Anda membutuhkan karyawan, adalah hal yang perlu dipikirkan.

4. Menentukan Modal

Ketika tiga hal tadi sudah diputuskan, saatnya untuk melakukan perhitungan modal. Usahakan Anda tidak memulai usaha dengan cara pintas, misalnya berhutang. Akan lebih baik jika Anda memiliki tabungan, gunakanlah uang tersebut seadanya dan sambil jalan kembangkan bisnis Anda perlahan-lahan.

Tips Memulai Usaha Kuliner

7 Tips Memulai Usaha Kuliner Beromzet Besar

5. Teknik Pemasaran

Setelah modal terkumpul, lokasi sudah ditemukan dan SDM telah didapatkan kini saatnya Anda mulai bergerak dalam memasarkan produk. Karena saat ini sosial media sangat berpengaruh dalam setiap lini kehidupan kita, maka ada baiknya Anda juga melakukan optimasi pemasaran lewat sosial media. Setidaknya ada tiga sosial media yang akan sangat membantu dalam memasarkan produk, Facebook, Twitter, dan Instagram.

Tips Memulai Usaha Kuliner

7 Tips Memulai Usaha Kuliner Beromzet Besar

Sebelum gerai atau tempat makan Anda dibuka, lakukan promosi lewat sosial media bahwasanya akan ada tempat makan baru yang dibuka. Lakukan promosi yang menarik misal dengan mengadakan kuis berhadiah voucher makan. Jangan lupa setelah bisnis kuliner Anda mulai berjalan, selalu berikan update terbaru pada setiap sosial media dengan artikel-artikel bermanfaat yang berkaitan dengan jenis kuliner yang Anda jual.

Selain mengoptimasi sosial media, cara konvensional seperti penyebaran brosur dan teknik pemasaran dari mulut ke mulut juga masih cukup efektif untuk mendatangkan banyak pelanggan.

6. Layanan Purna Jual

7 Tips Memulai Usaha Kuliner Beromzet Besar

Tips Memulai Usaha Kuliner

Proses jual beli tidak hanya berhenti ketika sebuah barang telah dibayar dan dibeli oleh pelanggan. Pelanggan akan sangat senang jika diperhatikan. Maka jangan lupa untuk melakukan layanan purna jual yang profesional, misalnya dengan mengirimkan pesan lewat SMS atau BBM menanyakan apakah mereka puas dengan produk kita, memberi voucher setiap pelanggan datang ke tempat kita sebanyak lima kali berturut-turut dan sediakan layanan foto di tempat bagi yang bersedia, lalu upload di sosial media, undi foto setiap minggunya dan pemenang akan mendapat voucher makan. Bentuk perhatian pada pelanggan ini akan membuat mereka senang untuk datang lagi dan lagi.

7. Ikhtiar dan Doa

7 Tips Memulai Usaha Kuliner Beromzet Besar

Tips Memulai Usaha Kuliner

Tips memulai usaha kuliner yang paling akhir, namun tak kalah penting tentu saja terus berikhtiar sebaik mungkin dan selalu berdoa untuk dilancarkan oleh Tuhan.

Selamat berbisnis!


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments