Browse By

7 Ide Jenis Usaha Sampingan Alternatif Bagi Anda Yang Tidak Memiliki Hobi

Bagikan ke Sosial Media

Jika anda memutuskan untuk berkarir didunia bisnis tentunya tidak hanya memutuskan untuk memulai bisnis atau usaha dari hobi atau sesuai yang anda sukai saja, namun dalam menghadapi sebuah persaingan anda juga dituntut untuk bisa mempelajari dan bisa menguasai sesuatu yang baru diluar dari apa yang anda sukai.

Saat dunia internet marketing semakin berkembang dan semakin meluas sehingga semakin banyak orang yang menguasai, dalam hal ini tentunya akan bertambah banyak saingan yang akan bermunculan dalam dunia bisnis online.

Oleh karena itu anda tidak perlu takut atau bingung untuk memulai usaha/bisnis anda jika anda merasa tidak memiliki hobi sama sekali.

Memang dari beberapa pengusaha menyarankan untuk memulai bisnis dari hobi, namun hal tersebut bukanlah harga mati, jangan biarkan keinginan anda untuk memulai usaha terhenti hanya karena anda merasa tidak memiliki hobi atau hobi yang anda miliki tidak cocok untuk dijadikan usaha.

Solusi untuk anda!

Jika anda telah bekerja di sebuah perkantoran dalam hal ini tentunya anda telah memiliki beberapa pengalaman, keahlian dan pengetahuan dari perkejaan yang anda tekuni dalam sebuah perusahaan dimana anda bekerja, kemampuan inilah yang bisa anda gunakan menjadi langkah awal untuk memulai bisnis atau usaha anda dirumah.

 

Berikut 7 ide jenis usaha sampingan alternatif  untuk anda :

1. Memulai usaha di bidang IT

Dizaman yang serba canggih saat ini tentunya permintaan jasa di bidang IT akan semakin meningkat, seperti jasa servis, instalasi, merakit komputer, membuat aplikasi, instalasi jaringan komputer dan lain sebagainya.

Anda bisa memanfaatkan kemampuan anda di bidang IT untuk membantu menyelesaikan masalah konsumen atas permintaan-permintaan yang disebutkan diatas.

Terlebih lagi jika anda sudah berpengalaman, dimana sebelumnya sudah bekerja diberbagai perusaan tentunya sudah banyak hal teknis yang anda kuasai.

Dalam hal ini anda bisa membuka jasa servis komputer sekaligus jual beli komputer, membuka jasa konsultasi untuk pemilihan komputer yang cocok untuk para pembeli, atau bisa juga membuka saja pembuatan website maupun berbagai jenis aplikasi untuk berbagai keperluan bisnis.

 

2. Memulai usaha di bidang Design

Bidang ini tentunya sangat ramai peminat yang membutuhkan jasa design, baik design interior, pakaian maupun design graphic. Terutama dizaman seperti saat ini setiap usaha pasti membutuhkan jasa design untuk membuat usaha bisnis mereka tampak lebih menarik.

Bagi anda yang pernah bersekolah di bidang design ataupun pernah bekerja sebagai designer baik di sebuah perusahaan besar maupun kecil, anda bisa memanfaatkan beluang besar ini, untuk memulai anda tidak perlu bingung, cukup mengumpulkan semua hasil design yang pernah anda buat kemudian pajang pada media sosial pribadi anda atau lebih bagus jika anda memiliki blog yang anda buat sendiri, kemudian buka penawaran design jenis apapun sesuai dengan kemampuan design yang anda miliki.

 

3. Memulai usaha di bidang Memasak(kuliner)

Dizaman seperti sekarang ini usaha di bidang kuliner memang sangat menjanjikan karena semua orang butuh makan, namun saingan bisnis dibidang kuliner bisa dikatakan cukup banyak, sehingga anda harus bisa berfikir bagaimana caranya menciptakan suatu makanan yang baru dengan cita rasa yang enak.

Jika anda pernah berkerja di sebuah restoran sebagai tukang masak atau istilah keren nya chef, dan pernah besekolah dibidang ilmu tataboga atau kuliner, segera manfaatkan pengetahuan anda untuk memulai menjalankan usaha atas nama anda sendiri.

 

4. Memulai usaha di bidang karya tulis

Memanfaat berbagai jenis pengetahuan anda dengan menuangkannya kedalam sebuah tulisan, anda bisa mendapatkan uang di internet melalui karya tulis yang anda miliki dengan cara memberikan jasa tulis artikel untuk website berita, menulis untuk blog milik sendiri dan yang lebih menarik tentunya membuat e-book yang bisa anda jual secara online, dan tentunya dijamin anda akan mendapatkan banyak penghasilan dari sini jika karya tulis yang anda jual mengandung banyak informasi dan bermanfaat bagi orang yang membutuhkan tentunya.

 

5. Memulai usaha di bidang Mekanik (Mesin)

Jika anda merupakan lulusan sekolah mesin dan pernah bekerja di perusahaan ataupun bengkel milik orang lain, jangan sia-siakan ilmu dan pengalaman yang anda miliki. Anda bisa memanfaatkan ilmu pengetahuan yang anda miliki dengan membuka sebuah bengkel untuk jasa service dan perbaikan kendaraan yang rusak, untuk memulai tentunya anda tidak perlu langsung membuka bengkel secara besar-besaran, hal ini cukup anda lakukan di garasi, halaman atau ruang yang cukup di sekitar rumah anda.

 

6. Memulai usaha di bidang kelistrikan

Jika anda dulu pernah bersekolah dibidang kelistrikan dan pernah bekerja di perusaah besar maupun kecil, tentunya anda memiliki banyak pengetahuan dibidang ini. Jika anda ingin memiliki usaha sendiri segera manfaatkan pengetahuan anda untuk memulainya, anda bisa memulai dengan menjual jasa instalasi listrik di rumah-rumah dan membuka toko yang menjual alat-alat listrik.

 

7. Memulai usaha dibidang kesehatan

Bagi anda yang memiliki pengetahuan dibidang kesehatan dimana pernah bekerja di rumah sakit ataupun puskesmas, baik sebagai perawat ataupun bidan, anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan berbagi pengetahuan anda dibidang kesehatan bisa dalam bentuk panduan ataupun tips kesehatan, anda bisa membaginya melalui media sosial atau membuat blog sendiri, dan untuk mendapatkan penghasilan anda bisa menawarkan obat-obatan jenis herbal dan vitamin baik secara online maupun offline.

Dari kesemua bidang yang dijelaskan diatas merupakan dari sebagian contoh bidang yang bisa anda pilih dan dijadikan usaha, dan tentunya masih banyak lagi bidang pekerjaan lainnya yang bisa dijadikan bahan utama untuk memulai usaha milik anda sendiri.

Semoga dengan 7 ide ini bisa membantu untuk memberikan masukan untuk teman-teman kantoran yang ingin memulai usaha bisnis sendiri.

Bagi teman-teman yang memiliki ide usaha lain, boleh dibagikan untuk teman pambaca lainnya atau jika ada jenis pekerjaan yang belum disebut dipersilahkan untuk menambahkan pada kolom komentar di bawah ini.

 

Baca Selengkapnya : 
Lakukan 3 Tips Memulai Usaha Sampingan Karyawan untuk Raup Banyak Rupiah
Jenis Peluang Usaha Sampingan yang Menguntungkan 2016!

Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments

  • http://cariuanglewatinternet.com/ Cariuanglewatinternet.com

    Banyak entrepreneur sukses memberikan masukan kepada pemula untuk memulai usaha dengan mengambil ide usaha dari hobi, namun tidak sedikit juga dari pemula yang bingung untuk memulai, bahkan bingung dengan hobi yang dimiliki, karena merasa tidak memiliki hobi.

    Nah diartikel kali ini membahas mengenai bagaimana cara mengambil kemputusan agar segera memulai usaha anda meskipun tidak memiliki hobi sama sekali.