Browse By

6 Jenis Bisnis Online Untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Bagikan ke Sosial Media

Penghasilan Tambahan

Penghasilan Tambahan

Dengan semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi sekarang ini, setiap orang tentunya memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda dalam pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari, dimana perbedaan ini dapat diukur berdasarkan tingkat penghasilan yang mampu didapatkan setiap bulan nya bahkan untuk setiap tahunnya.

Penghasilan tambahan melalui wirausaha yaitu dengan berbisnis yang di lakukan secara online bisa menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan jika benar-benar ditekuni dengan fokus dan konsisten.

Berikut ini beberapa macam bisnis online yang bisa diterapkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan:

1. Menjadi seorang publisher

Disini anda akan berperan sebagai penyedia jasa tempat untuk para produsen atau pemilik produk untuk mengiklankan produk mereka di website anda.

Para advertiser atau pemasang iklan biasanya membuat perjanjian tarif dalam bentuk sekali pasang iklan langsung di bayar perbulan atau bahkan langsung pertahun sesuai dengan kesepakatan.

Selain itu metode pembayaran juga ditetapkan dengan per klik, artinya setiap ada pengunjung yang datang ke website anda dan melakukan klik terhadap iklan yang di pasang oleh pemasang iklan di website anda, maka anda akan mendapatkan bayaran setiap klik nya.

Untuk mendapatkan penghasilan yang banyak tentunya dibutuhkan jumlah klik yang banyak, sedangkan dari jumlah klik yang banyak tentunya harus bisa mendatangkan pengunjung yang banyak.

Dari kasus ini berarti anda harus mempelajari bagai mana cara mendatangkan pengunjung yang banyak ke website anda dengan mempelajari metode ilmu internet marketing.

2. Menjadi affiliate marketer

Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan secara online dengan menjadi seorang affiliate marketer, disini anda bertugas mempromosikan produk dari sebuah produsen dan anda mendapatkan komisi 6-10% dari setiap produk yang berhasil anda jual.

Cara kerja dari program affiliate ini adalah dimana setelah anda terdaftar sebagai affiliate dari sebuah produsen anda akan mendapatkan sebuah link affiliate khusus yang nantinya akan digunakan sebagai identitas khusus untuk setiap produk yang berhasil dijual oleh anda, jika produk yang di beli berasal dari link affiliate anda maka anda akan secara langsung mendapatkan komisi dari produsen tersebut.

Untuk mempromosikan produk affiliate ini tentunya anda harus memiliki sebuah blog atau website, boleh menggunakan website/blog gratis atau yang berbayar.

3. Menjual jasa melalui website marketplace

Metode ini sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi dan skill dalam bidang-bidang tertentu, seperti kemampuan dalam berbahasa Inggris dimana anda bisa menawarkan jasa memperbaiki grammar dan tanda baca serta mengedit beberapa kata serta kalimat yang salah agar menjadi sebuah kalimat yang benar sesuai ejaan dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.

Bagi anda yang memiliki kemampuan di bidang design grafis dan web desain, anda bisa memberikan penawaran jasa untuk membuat design logo dan design template website.

Jasa membuat video animasi berdurasi pendek, jasa membuat musik orisinil dengan durasi pendek menggunakan jenis alat musik apapun, serta jasa membuat artikel dengan bahasa Inggris sesuai dengan topik yang dipesan oleh pembeli.

Dan masih banyak lagi jasa lainnya yang bisa anda jual dengan minimum harga yang sudah di tentukan oleh website marketplace.

Jika anda tertarik untuk mencari uang tambahan dengan metode ini anda bisa langsung melakukan pendaftaran di website fiverr[dot]com dimana anda bisa mendapatkan penghasilan dalam bentuk mata uang dollar Amerika.

4. Menjual barang jadi dengan metode dropship

Bisnis ini cocok bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan melalui bisnis online namun tidak memiliki produk sendiri yang akan di jual.

Untuk memulai bisnis ini anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu di website-website yang menyediakan layanan dropship, jenis barang yang dijual bisa dikatakan banyak dan bervariasi.

Jika anda tertarik dengan fashion anda bisa mencari website yang menyediakan kerja sama dropship untuk busana wanita maupun pria, jika anda tertarik dengan aksesoris gadget dan elektronik anda bisa mencari website yang menyediakan jasa dropship untuk produk elektronik dan gadget.

Bagaimana cara kerjanya?

Setelah anda mendaftarkan diri sebagai member dropship, anda akan di berikan katalog dari produk-produk yang akan di jual yang nantinya bisa anda pasang di website anda atau bisa juga di media social seperti facebook.

Untuk penentuan harga bisa anda tentukan sendiri, karena dengan harga dropship anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah, tujuan nya agar para dropshiper bisa mendapat untung dari hasil penjualan.

Untuk menentukan harga usahakan survei terlebih dahulu, agar anda tau harga pasar dan tidak mematok harga yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

Jika sudah ada pembeli yang berminat pastikan anda cek terlebih dahulu stock barang yang di pesan ke pihak penyedia dropship dimana anda mendaftar sebagai member, jika barang dinyatakan ready stok anda bisa langsung menyuruh pembeli untuk melakukan pembayaran ke rekening anda, kemudian anda melakukan pembayaran ke penyedia dropship, dan penyedia dropship akan langsung mengirimkan  barang tersebut ke alamat dari pembeli yang melakukan pembelian di website anda tadi.

Disamping itu barang yang dikirim berdasarkan atas nama anda, sehingga pembeli yang menerima barang menjadi yakin kalau barang yang di kirim berasal dari anda.

5. Youtube marketing

Bagi anda yang gemar berbagi ilmu, suka membuat tutorial tentang hal apapun yang berguna bagi banyak orang dan berdampak positif tentunya. Youtube marketing bisa menjadi salah satu lahan bisnis online untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Disini anda bisa membuat berbagai macam tutorial dalam bentuk video dengan konsep yang unik yang bisa di sesuaikan dengan kreatifitas yang anda miliki masing-masing.

Misalnya jika anda mahir dalam bermain alat musik seperti gitar anda bisa membuat video tutorial dasar bermain gitar untuk pemula, atau jika anda suka memasak anda bisa membuat video tutorial memasak masakan khas Indonesia yang bisa menjadi minat banyak orang terutama orang dari luar Indonesia.

Selain itu jika anda gemar menilai sebuah produk atau pandai memberikan review terhadap sebuah produk, anda bisa membuat video review tentang produk tertentu sesuai dengan produk yang anda ketahui.

Dari video-video tersebut seperti biasa jika anda yang sudah sering menonton video youtube pasti anda melihat banyak sekali iklan baik di sebelah kanan maupun pada bagian bawah video, dari setiap pengunjung yang datang dan melakukan view terhadap video tersebut anda akan mendapatkan komisi langsung dari youtube dalam bentuk mata uang dollar.

6. Menjual produk sendiri melalui internet sebagai media pemasaran secara online

Metode ini cocok bagi anda yang memiliki kemampuan untuk membuat produk buatan sendiri, baik berupa makanan maupun barang jadi seperti kerajinan tangan untuk hiasan rumah, membuat aksesoris, desain sablon, karya seni tradisional dan masih banyak lagi, yang bisa anda sesuaikan dengan hobi dan minat dan kemampuan yang anda miliki.

Dari berdagang kecil-kecilan di rumah anda bisa memasarkan produk anda melalui media internet, baik menggunakan website atau pun menggunakan media sosial atau jejaring sosial.

Kesimpulan

Itulah beberapa sumber penghasilan yang bisa anda dapatkan secara online, dari poin-poin yang di sebut di atas hanya menjelaskan sumber penghasilan yang bisa anda coba untuk mendapatkan penghasilan dari internet, akan tetapi untuk mendapatkan penghasilan yang banyak tentunya akan bergantung bagaimana cara mendatangkan banyak pengunjung menuju ke sumber penghasilan anda.

Dalam hal ini tentunya anda wajib memiliki bekal ilmu internet marketing, agar salah satu dari poin diatas yang akan anda ikuti bisa mendatangkan penghasilan tambahan yang sesuai dengan keinginan anda.

Jika anda tertarik bisa mencoba mempelajari ilmu internet marketing secara terstruktur dari pengajar yang sudah berpengalaman dan sudah mendapatkan hasil sangat banyak dari dunia bisnis online, anda bisa belajar bisnis online gratis 1 bulan pertama, hal ini bertujuan agar anda bisa melihat terlebih dahulu ilmu yang di ajarkan apakah professional ataukah tidak sama sekali, dan jika anda tertarik anda bisa meneruskan pembelajaran di bulan kedua.

Tahukah anda… dengan berbisnis secara online para pelaku bisnis bisa menentukan jangkauan area market/pasar mereka, dimana penghasilan yang didapat tidak hanya dalam bentuk Rupiah akan tetapi juga dalam bentuk mata uang asing seperti USD, yang tentunya hal ini bisa ditentukan berdasarkan lokasi atau tempat dimana anda berjualan baik dalam bentuk barang maupun jasa.


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments

  • http://cariuanglewatinternet.com/ Cariuanglewatinternet.com

    Ingin menjadi seorang publisher? bagaimana caranya? temukan disini