Browse By

6 Contoh Usaha Kecil untuk Fresh Graduate yang Enterpreneur

Bagikan ke Sosial Media

Contoh Usaha Kecil

Contoh Usaha Kecil

Program dan contoh usaha kecil perlu dirintis oleh seorang Fresh Graduate yang baru lulus kuliah dan enggan menganggur begitu saja. Di saat menanti panggilan kerja, ide merintis usaha kecil akan mengatasi tipisnya saldo rekening akibat segepok biaya skripsi plus wisuda.

Namun untuk melangkah dari salah satu contoh usaha kecil bukan semata mengandalkan mode kesarjanaan. Dibutuhkan mode karakter seorang enterpreneur yang gigih mencapai kesuksesan dalam bisnisnya.

Selain itu dengan memilih salah satu contoh usaha kecil, kamu tidak menggantung harapan finansial pada sebuah pekerjaan saja. Sebab nominal gaji bulanan di suatu perusahaan bukan sandaran empuk dan mode aman untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kini saat terbaik untuk menjadi fresh graduate dengan modal enterpreneurship yang kuat.

Strategi Usaha Kecil untuk Fresh Graduate

  • Strategi Waktu. Selagi memiliki banyak kesempatan dan waktu luang manfaatkan dengan sebaik mungkin. Antara lain untuk melakukan survei tentang kebutuhan publik yang sekiranya dapat memengaruhi prospek usaha.
  • Strategi Usaha Sesuai Pengalaman. Pilihlah salah satu mode usaha kecil yang menjadi andalan selama menempuh pendidikan. Misalkan kemampuan berhitung atau berbahasa asing.
  • Strategi Usaha Kecil Sesuai Keterampilan. Manfaatkan keterampilan tangan untuk membuka usaha kecil yang menguntungkan. Misalkan dengan membuat keterampilan tangan atau
  • Strategi Modal Kecil. Target modal kecil meskipun antara satu atau dua juta bukan rintangan untuk membuka sebuah usaha. Yang terpenting adalah mengatur modal tersebut supaya bisa mencukupi semua kebutuhan bisnis Anda.
  • Strategi Pemasaran dan Teknologi. Memiliki banyak teman adalah keuntungan luar biasa bagi seorang pemula bisnis. Pemasaran antar teman semakin lancar karena dukungan sistem online, seperti Facebook, Twitter, atau Transaksi pun bisa berjalan dari ponsel Android yang menyediakan aplikasi seperti BBM, Whatsapp, dan Line.

6 Contoh Usaha Kecil untuk Bisnis Sampingan

1. Desain Grafis

Menariknya bisnis skala dunia ini bisa dibilang sangat menjanjikan dan tidak pernah surut. Kini pun pidak hanya dalam bentuk cetak tetapi juga merambah pada kebutuhan desain website dari berbagai perusahaan ternama. Dan biasanya para mahasiswa sangat menguasai kemampuan desain grafis yang unik dan menarik.

Desain grafis menjadi contoh usaha kecil yang tepat untuk bisnis sampingannya para fresh graduate. Bahkan nantinya bisa menjadi portofolio tambahan untuk melamar pekerjaan.

2.Wepreneur

Salah satu contoh usaha kecil dengan sistem digital online ini ampuh mengalirkan keuntungan bagi para mahasiswa hingga ibu rumah tangga. Syaratnya hanya perlu membuat sebuah website, kemudian rajin-rajinlah menulis artikel. Semakin sering web tersebut dibuka akan semakin banyak pula iklan yang mendatangkan keuntungan berlipat.

3. Guru Privat Bahasa Inggris

Kemampuan berbahasa Inggris sangat dibutuhkan dalam semua bidang pekerjaan. Namun untuk contoh usaha kecil berskala sederhana, kamu bisa membuka kursus privat bahasa Inggris untuk anak-anak SD sampai SMP.

Contoh usaha kecil ini sangat cocok buat fresh graduate yang menguasai bahasa inggris secara sempurna. Bisnis di bidang pendidikan secara privat takkan menyita banyak modal dan waktu. Tempat les privat dirumah guru atau murid pada sore atau malam hari. Sedangkan kebutuhan utamanya hanya peralatan menulis serta buku pelajaran.

4. Usaha Kecil Makanan Ringan

Hobi membuat snack dan makanan ringan lainnya sangat menguntungkan. Setelah lulus kuliah, kamu bisa mengembangkan hobi tersebut sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Misalkan membuat roti, cupcake, aneka snack kering dan basah, dan lain-lain.

Dengan membuat konsep serta kemasan yang unik, kamu bisa memasarkan makanan tersebut melalui media sosial. Ataupun sangat mungkin untuk menjual produk tersebut di beberapa toko kue dan makanan ringan.

5. Contoh Usaha Kecil ‘Handmade’

Lincah dan terampilnya kedua tangan kita dalam berkreasi, perlu dimanfaatkan untuk membuat produk kreatif yang unik. Misalnya sejumlah pelaku usaha boneka kain mampu meraup keuntungan fantastis. Padahal modal pemantik inovasi unik boneka tersebut tidak mencapai nominal jutaan rupiah. Sama halnya dengan kerajinan lain seperti aksesori cantik, jahitan kristik dan sulam, pigura ukir dari kertas, dan lain sebagainya.

6. Desain busana/pakaian

            Memiliki keterampilan dalam hal fashion design, anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuat produk hasil karya sendiri dan memasarkan nya.

Jika anda memiliki keterampilan menjahit, tentunya akan menjadi nilai tambah sehingga tidak akan terasa sulit untuk memulai di awal merintis bisnis di bidang ini, karena ada sudah memiliki dua keterampilan sebagai modal dasar dalam menjalankan usaha di bidang fashion design.

Memiliki peran sebagai produsen dalam pasar busana, tas maupun aksesoris untuk kebutuhan wanita tentunya akan sangat memiliki peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan bisa menjadi penghasilan utama yang berlipat, jika benar-benar bidang ini menjadi fokus anda.

Demikian tips dan contoh usaha kecil sampingan untuk fresh graduate yang menantikan peluang kerja. Demi masa depan finansial yang lebih cerah, jadilah sosok sarjana muda berkarakter wirausahawan yang berani menerobos segala bentuk tantangan!

Baca Selengkapnya :
3 Wiraswasta Modal Kecil yang Menghasilkan Dolar
10 Usaha Kecil Menengah yang Menguntungkan

Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments