Browse By

5 Tips Memulai Bisnis Internet Tanpa Modal yang Bisa Menjadi Pondasi

Bagikan ke Sosial Media

Jenis Usaha Modal Kecil

5 Tips Memulai Bisnis Internet Tanpa Modal yang Bisa Menjadi Pondasi

Bisnis internet tanpa modal, mungkinkah? Seringkali pemikiran ini mampir ke benak para pemula yang ingin menekuni bisnis tapi memiliki kendala dalam pembiayaan.

Jika dahulu memulai bisnis identik dengan berapa besarnya modal yang harus disiapkan, namun di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, banyak bisnis yang bisa ditekuni tanpa harus mengeluarkan modal terlalu besar, bahkan sangat minim sekali. Mengapa?

Hal itu diarenakan dengan bantuan teknologi berupa jaringan internet dan perangkat teknologi berupa smartphone, setiap orang bisa memulai bisnis tanpa harus membuat rencana bisnis yang terlalu ngejelimet.

Seharusnya, kita diuntungkan dengan kondisi ini, namun tetap saja bisnis yang dimulai dengan menggunakan media internet sama dengan bisnis lainnya, memiliki resiko bisnis.

Hanya yang membedakannya besar kecil risiko tersebut, jika bisnis konvensional pada umumnya sangat beresiko modal yang kita tanamkan tidak akan kembali karena kegagalan kita mengembangkan bisnis tersebut atau lokasi yang kita pilih tidak menguntungkan.

Sementara itu, dalam bisnis internet risiko kegagalan bisnis tetap ada, namun lebih banyak disebabkan oleh faktor internal dalam diri kita. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu untuk meminimalkan risiko dalam memulai bisnis internet tanpa modal.

1. Pilih niche bisnis yang tepat

Dalam bisnis internet, peran niche bisnis sangat penting karena akan membuat bisnis kita lebih fokus dan terencana. Tahukah Anda, dalam dunia bisnis internet, ada belasan bahkan ratusan niche bisnis yang bisa dipilih, namun sebelum memilih niche bisnis pastikan telah mengetahui dan memahami bagaimana membangun bisnis internet dengan niche tersebut.

Semua itu akan lebih baik lagi jika niche bisnis yang kita pilih sesuai dengan hobi atau passion kita, sehingga kita tidak akan mengalami banyak kendala dalam memulai serta mengembangkannya dalam jangka panjang.

Namun bisa juga memilih niche bisnis yang telah memiliki pasar potensial. Dengan demikian, untuk menjualnya tidak memerlukan waktu yang relatif lama.

2. Tingkatkan pengetahuan

Mungkin memulai bisnis internet bisa tanpa modal, tapi para pelaku bisnis terutama pemula wajib memiliki dasar pengetahuan tentang tool-tool bisnis internet.

Layaknya sebuah bisnis, bisnis internet sama dengan bisnis pada umumnya di mana kita harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk yang akan kita jual, pasar potensial di mana kita bisa menjual produk tersebut, dan terutama tool marketing apa saja yang sedang tren di kalangan calon konsumen kita. Dengan begitu, kita bisa lebih fokus dalam memasarkannya.

Semuanya ini merupakan pengetahuan dasar yang wajib dimiliki oleh calon pengusaha bisnis internet. Setidaknya di mulai dari cara mengoperasikan perangkat teknologi yang menjadi media perantara bisnis kita tersebut, seperti komputer atau smartphone.

3. Jangan memasang target awal terlalu tinggi

Terkadang kita terbuai dengan mitos bahwa memulai bisnis internet lebih mudah sehingga tanpa kita sadari, kita memasang target yang terlalu tinggi.

Padahal medan bisnis belumlah kita mulai sehingga kita belum memahami bahwa ada hal-hal baik yang sifatnya internal maupun eksternal, mungkin saja akan menganggu jalannya bisnis kita. Biasanya hal tersebut sulit kita petakan dalam rencana awal bisnis.

Solusi terbaik, buatlah target awal bisnis yang wajar, dan biarkan terus meningkat seiring dengan perkembangan bisnis tersebut.

4. Jangan bersikap terlalu aktif atau terlalu pasif

Hal ini berkaitan dengan etika bisnis internet, terlalu aktif menyebarkan atau mempromosikan produk kita akan dianggap spamming. Dengan demikian, kemungkinan media marketing kita akan di banned oleh mesin pencari seperti Google atau oleh calon konsumen kita akan semakin besar.

Hal itu tentu saja akan merusak citra atau brand bisnis yang baru saja kita mulai. Untuk itu, lakukan promosi secara teratur dan pastikan kita telah memahami aturan yang berlaku pada tiap channel di mana kita akan mempromosikan produk atau brand kita.

Promosi yang pasif atau seperlunya saja akan membuat calon konsumen lupa dengan brand atau produk kita.

5. Bangun jaringan atau networking seluas-luasnya

Salah satu keuntungan memulai bisnis dengan menggunakan media internet adalah daya jangkaunya yang sangat luas, tidak dibatasi oleh tempat atau waktu. Dengan demikian, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Kemudahan ini seharusnya bisa menjadi pemicu kita untuk lebih mudah membangun jaringan dalam memasarkan produk kita. Bahkan kita bisa menjual produk hingga ke mancanegara tanpa harus bersusah payah mendatangi negara tersebut hanya dengan bantuan internet.

Meskipun bisnis internet tanpa modal relatif lebih mudah memulainya, tapi ada baiknya tips-tips tersebut mejadi bahan pertimbangan sebelum memulai bisnis untuk meminimalkan risiko kegagalan yang mungkin saja terjadi. Dikarenakan bisnis internet tetaplah memiliki risiko seperti bisnis pada umumnya.

Baca Selengkapnya :
5 Peluang Usaha Online Tanpa Modal yang Sangat Besar
Bisnis Sampingan Tanpa Modal Cuma Pakai Jempol
Bisnis dengan Modal Kecil untuk Pemula Tanpa Bikin Rugi

Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments

  • http://cariuanglewatinternet.com/ Cariuanglewatinternet.com

    Bisnis tanpa modal disini bisa di artikan sebagai bisnis yang mungkin di lakukan dengan modal yang sangat minim.