Browse By

5 Startup Terkenal di Indonesia yang Inspiratif

Bagikan ke Sosial Media

photo: pixabay

Indonesia telah berhasil menelurkan ratusan startup berkualitas yang diakui dunia. Layanan yang disediakan sangat beragam, mulai dari belanja online, pesan tiket online, nonton tv online, jual beli rumah online, konsultasi kesehatan dengan dokter online, dan masih banyak lagi. Keberadaan startup disambut positif oleh masyarakat luas. Hal ini terbukti dari begitu banyaknya pengguna yang mendaftar dan aktif menggunakannya.

Berikut ini adalah 5 startup terkenal di Indonesia yang menempati ranking 500 besar dunia versi startupranking.com.

1. Tokopedia

Tokopedia menempati ranking 1 di Indonesia dan 41 di dunia. Situs jual beli online ini bisa digunakan oleh pebisnis besar maupun penjual perorangan. Tampilan Tokopedia tergolong sederhana namun ada banyak fitur layanan yang bisa dengan mudah digunakan oleh pengguna pemula sekalipun. Tokopedia bisa diakses melalui website maupun aplikasinya. Dengan ukuran aplikasi yang hanya 16 MB, Tokopedia tidak akan membebani memori smartphone. Pada Playstore, Tokopedia telah mencatat jumlah unduhan lebih 10 juta kali.

2. Traveloka

Traveloka menempati ranking 5 di Indonesia dan 128 di dunia. Startup dengan logo burung terbang ini bergerak di bidang pemesanan tiket pesawat dan hotel. Traveloka bisa diakses dengan alamat website traveloka.com atau bisa juga dengan mengunduh aplikasinya dari Playstore pada smartphone Android.

Traveloka sangat disukai karena sangat memudahkan rencana perjalanan dengan pesawat terbang. Kita tinggal memilih rute atau tempat keberangkatan dan kota tujuan pada tanggal yang diinginkan, maka aplikasi ini akan mencarikan semua maskapai penerbangan yang tersedia. Kita tinggal memilih maskapai mana yang sesuai dengan keinginan kita. Daftar maskapai yang disajikan sudah diurutkan mulai dari yang termurah hingga termahal. Ini tentunya sangat membantu para pencari tiket murah.

Untuk membuking, kita tinggal mengikuti prosedur yang sudah ada. Satus buking ini hanya berlaku beberapa saja. Kita harus segera membayarnya sebagai tanda pemesanan yang kemudian akan diteruskan ke pihak maskapai. Harga yang harus dibayar hanyalah seharga tiket pesawat, tanpa tambahan biaya buking atau biaya lainnya.

3. Rumah

Rumah menempati ranking 11 di Indonesia dan 355 di dunia. Aplikasinya di Playstore telah diunduh lebih dari 500 ribu kali. Dengan ukuran hanya 6 MB, aplikasi Rumah tentunya sangat ringan di smartpohone.

Seperti namanya, startup ini bergerak di bidang jual beli properti. Di sini kita bisa mencari rumah atau apartemen yang dijual atau disewa.  Mulai rumah yang pernah ditempati, rumah baru, perumahan yang sedang dibangun, maupun apartemen atau kos-kosan.

Saat ini terdaftar lebih dari 370 ribu rumah di seluruh wilayah Indonesia. Pencarian dimudahkan dengan berbagai kategori, misalnya berdasarkan lokasi rumah, ukuran rumah, luas tanah, jumlah kamar tidur, dan sebagainya. Dengan aplikasi ini, kita bisa mendapatkan keterangan lengkap tentang rumah, disertai foto detail, informasi lingkungan di sekitar rumah, agen properti, serta sistem pembayaran.

4. Mivo

Mivo menempati rangking 19 di Indonesia dan 455 di dunia. Startup ini menyediakan layanan nonton TV dengan pilihan sebanyak 50 channel, baik lokal maupun internasional. Di Playstore, Mivo tercatat sudah diunduh sebanyak 5 juta kali. Aplikasi ini berukuran 7.5 MB namun memerlukan memori yang cukup besar saat menonton.

Mivo termasuk aplikasi berbayar dengan kisaran harga Rp 7.900 – Rp 299 ribu. Walau berbayar, sisipan iklan masih ditemui di sela-sela tayangan.

5. Alodokter

Alodokter menempati rangking 20 di Indonesia dan 471 di dunia. Startup ini bergerak di bidang medis dan kesehatan dengan melibatkan dokter sebagai tenaga ahli profesional. Dengan aplikasi ini, kita bisa chat dengan dokter secara gratis mengenai kondisi kesehatan ataupun suatu penyakit tertentu. Chat ini sama halnya seperti kita berkonsultasi dengan dokter secara online.

Fitur lainnya yang memberi manfaat besar adalah informasi mengenai penyakit dan obat. Ada ratusan penyakit yang dibahas di sini, termasuk gejala-gejala dan alternatif pengobatan yang bisa dilakukan. Tampilan Alodokter tergolong sederhana sehingga mudah digunakan. Pencarian jenis penyakit dipermudah dengan daftar nama penyakit yang disusun secara alfabetical. Alodokter juga menyediakan fitur majalah yang berisi informasi seputar kesehatan, kesejahteraan, dan keluarga.


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments