Browse By

5 Macam Bisnis Rumahan yang Melegenda

Bagikan ke Sosial Media

Bisnis rumahan atau yang lebih keren disebut sebagai home industry sebenarnya telah banyak berkembang sejak beberapa tahun yang lalu. Meski begitu sebenarnya istilah home industry tidak begitu cocok untuk menerjemahkan bisnis rumahan itu sendiri. Home industry bisa jadi merupakan salah satu macam dari bisnis rumahan, sedangkan bisnis rumahan bisa meliputi lebih dari industri rumah tangga.

Home industry biasanya mengacu pada proses bisnis yang proses produksinya dilakukan di dalam rumah, misalnya membatik, catering, bisnis kue kering, bisnis kerajinan tangan dan masih banyak lagi. Sedangkan bisnis rumahan tidak melulu hanya berkutat dengan penjualan produk yang diolah sendiri. Bisnis rumahan jauh lebih luas dari itu. Mau tahu apa saja lima macam bisnis rumahan yang melegenda? Simak terus artikel ini ya!

Setidaknya kita bisa membagi ada dua jenis bisnis rumahan, yang pertama, yaitu home industry atau industri rumah tangga dan yang kedua yaitu home service atau pelayanan jasa yang dilakukan di rumah.

Home Industry; Bisnis Rumahan Berbasis Produksi

1. Katering

5 Macam Bisnis Rumahan yang Melegenda

Katering

Katering alias layanan produksi makanan siap saji dan siap antar adalah jenis bisnis rumahan yang paling banyak ditemui. Apalagi semakin maju dan modern masyarakat kita, sepertinya mereka semakin tidak punya waktu untuk memasak. Hampir sebagian besar wanita kini bekerja di luar rumah dan tidak berkesempatan melakukan urusan dapur.

Beruntunglah dengan adanya usaha catering ini, orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk memasak masih bisa terpenuhi asupan gizinya dengan baik. Jika dulu bisnis catering ini hanya menyasar pada momen-momen tertentu, misal menyiapkan menu makanan untuk acara pernikahan, syukuran kelahiran atau sunatan.

Maka kini bisnis catering semakin merambah luas ke berbagai penjuru. Ada catering menu diet khusus bagi para pelaku diet yang hanya mengkonsumsi makanan-makanan tertentu. Ada catering khusus bayi dan balita. Bahkan ada catering khusus karyawan atau anak sekolah.

2. Penjahit

5 Macam Bisnis Rumahan yang Melegenda

Macam Bisnis Rumahan

Tidak semua orang suka membeli baju yang sudah siap pakai. Ada beberapa orang yang lebih nyaman ketika mengenakan baju yang dijahit sesuai dengan mode yang diinginkan. Apalagi jika ukuran tubuh orang tersebut tidak sesuai standar orang kebanyakan, entah itu terlalu mungil atau terlalu besar.

Dengan menjahitkan baju sesuai keinginan tentunya baju yang dikenakan akan lebih nyaman dipakai dan kepercayaan diri pun meningkat. Penjahit adalah salah satu macam bisnis rumahan yang hingga saat ini masih banyak dicari. Semakin tinggi teknik yang dikuasai oleh penjahit, semakin banyak orang yang akan memburu keahliannya.

 

Home Service; Bisnis Rumahan Berbasis Jasa

3. Warung Kelontong

5 Macam Bisnis Rumahan yang Melegenda

Macam Bisnis Rumahan

Sembilan bahan pokok merupakan hal penting bagi bangsa Indonesia. Beras, gula, dan teman-temannya adalah hal yang harus selalu ada di setiap rumah. Itulah kenapa di setiap kampung atau perumahan setidaknya ada satu warung kelontong yang laris manis dijejali pelanggan.

Bahkan meskipun kini telah banyak muncul toko-toko grosir semacam Indomaret, Alfamart, Superindo, dan sejenisnya, warung kelontong tetap banyak peminatnya. Warung kelontong juga masih menjadi bisnis rumahan yang banyak dijalankan oleh ibu-ibu rumah tangga. Di sela mengasuh anak, berjualan sembako bisa menjadi alternatif bisnis yang menarik.

4. Laundry

Macam Bisnis Rumahan

Macam Bisnis Rumahan

Tidak semua orang hobi dan memiliki cukup waktu untuk mencuci baju. Itulah kenapa usaha laundry meningkat dengan pesat. Apalagi sekarang mencari buruh cuci untuk datang ke rumah juga tidak mudah, maka laundry menjadi pilihan bagi mereka yang sibuk bekerja dan ingin baju mereka bersih dan wangi secara instan.

5. Penulisan dan Penerjemahan

Macam Bisnis Rumahan

Macam Bisnis Rumahan

Tidak begitu banyak terdengar, namun sebenarnya usaha penulisan dan penerjemahan telah banyak berkembang sejak bertahun-tahun lamanya, khususnya di daerah-daerah sekitaran kampus. Jika dulu jasa penulisan ini banyak digunakan oleh mahasiswa-mahasiswa yang malas bersusah payah menyusun skripsinya.

Dalam perkembangannya kini jasa penulisan telah menyasar lingkup yang lebih luas. Bisa kita ketahui kini telah semakin banyak orang yang bertahan hidup dari blog dan menulis konten web. Tidak perlu keluar rumah dan cukup mengandalkan koneksi internet yang baik. Begitu juga dengan jasa penerjemahan yang kini semakin mudah mendapatkan klien, tidak hanya dari dalam negeri, namun juga luar negeri.

Ulasan mengenai lima macam bisnis rumahan yang melegenda ini semoga mampu menginspirasi kita untuk bisa tetap menghasilkan karya dan pendapatan meski tidak harus keluar rumah. Selamat berkarya!


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments