Browse By

3 Wiraswasta Modal Kecil yang Menghasilkan Dolar

Bagikan ke Sosial Media

Wiraswasta Modal Kecil

Wiraswasta Modal Kecil

Di era modern ini hampir semua orang ingin menjadi pengusaha. Ada banyak alasan mengapa sebagian besar orang kini memilih menjadi pengusaha atau berwirausaha sendiri. Namun satu alasan yang paling mendasar adalah karena dengan menjadi pengusaha, ia bisa mengatur waktu kerjanya sendiri. Apalagi ditambah dengan kenyataan bahwa kini setiap orang bisa menjadi wiraswasta modal kecil, semakin banyak berbondong-bondong orang untuk belajar menjadi wirausahawan.

Dasar Menjadi Wiraswasta Modal Kecil

Jika Anda termasuk salah satu orang yang ingin menjadi wiraswasta modal kecil, maka sebaiknya Anda baca dulu baik-baik ulasan singkat ini, sebelum benar-benar memutuskan membuka usaha sendiri ketimbang menjadi seorang karyawan.

Tidak selamanya menjadi karyawan itu buruk. Bayangkan jika semua orang berbondong-bondong menjadi pemilik usaha, maka siapakah yang akan menjadi karyawannya? Oleh karena itu, pertimbangkan baik-baik jika Anda ingin memutuskan berhenti bekerja dan memilih membuka usaha. Apakah alasan Anda benar-benar kuat?

Jika alasan Anda ingin menjadi pengusaha adalah agar bisa mengatur waktu kerja sesuka hati, maka sebaiknya urungkan niat Anda. Jangan membayangkan bahwa di awal Anda membuka usaha, Anda akan banyak berleha-leha. Justru di awal Anda membangun usaha, akan ada lebih banyak waktu yang Anda habiskan ketimbang ketika Anda menjadi seorang karyawan.

Maka jika alasannya hanya agar bisa memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai, Anda justru salah besar karena menjadi pengusaha yang sukses berarti Anda harus menghargai waktu dengan sangat baik. Jika Anda tidak bisa menghargai waktu yang Anda miliki, bagaimana kelak Anda akan menghargai orang lain yang bekerja sama dengan Anda?

Oleh karenanya, jika Anda memang berkeinginan kuat menjadi wiraswasta, niatkanlah untuk bisa menebarkan manfaat dan kebaikan untuk orang lain. Niatkanlah ketika Anda memiliki usaha, Anda bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain dan membantu hajat hidup orang banyak. Dengan niat yang besar semacam ini, Anda akan menjalani usaha dengan lebih semangat dan terarah dibandingkan jika alasan dalam diri Anda hanya berkaitan dengan diri sendiri.

Jenis Wirausaha Online yang Menghasilkan Dolar

Setelah Anda menemukan dasar mengapa ingin menjadi wiraswasta modal kecil yang lebih kuat, kini saatnya bagi Anda untuk memilah jenis usaha apa yang bisa dijalankan. Untuk usaha yang tidak membutuhkan modal terlalu besar, maka wirausaha online adalah pilihan yang tepat. Adapun jenis-jenis wirausaha online yang bisa Anda jajal sebagai berikut.

1. Dropshipping

Dropshipping atau yang lebih banyak disebut sebagai reseller adalah jenis usaha online yang kini sedang berkembang pesat. Selain mudah dan bermodal kecil, dropshipping mengakomodasi setiap kalangan untuk bisa menjalankan sistem ini, bahkan jikapun Anda masih menjadi seorang karyawan di perusahaan pun Anda tetap bisa menjalankan bisnis ini.

Dengan sistem dropshipping, Anda tidak perlu memiliki modal besar untuk menyetok barang. Yang Anda butuhkan hanyalah gadget terkoneksi internet sehingga bisa terus update barang apa saja yang masih ada stoknya di supplier. Anda hanya tinggal rajin berpromosi di semua lini sosial media yang Anda punya dan menarik banyak customer.

Laba yang Anda dapatkan jika dikumpulkan bisa menjadi modal untuk membuka usaha yang lebih besar. Sekarang sudah banyak barang yang diperjualbelikan dengan sistem ini, dari baju, mainan anak, buku hingga makanan. Tinggal pilih saja produk apa yang cocok untuk Anda.

Meski terkesan sederhana, namun sudah banyak yang membuktikan mereka bisa sukses menjadi seorang dropshipper dan kemudian beralih menjadi seorang produsen. Anda tertarik?

2. Blogging, Content Writer, dan Penerjemahan

Sekarang ini dunia tulis menulis semakin banyak diminati banyak orang. Terbukti kini semakin bermunculan penulis-penulis baru. Karena bisnis buku kini tidak sedang dalam kondisi terbaik, maka semakin banyak penulis muda yang menyasar dunia tulis menulis online atau blogging. Tentunya skill untuk menghasilkan tulisan yang enak dibaca sangat dibutuhkan dalam dunia ini.

Meski banyak yang kini bermunculan orang-orang yang dulunya tidak memiliki skill menulis yang cukup baik. Hanya bermodalkan senang jalan-jalan, mereka bisa sukses menjadi travel blogger. Sedang yang suka menggunakan make up dan review hasil riasannya, bisa sukses menjadi fashion blogger.

Selain blogging, dunia tulis menulis juga menawarkan kesempatan besar di bidang kepenulisan konten untuk situs-situs besar yang dimiliki oleh orang lain dan juga di bidang penerjemahan. Tinggal pilih saja mana yang lebih pas untuk Anda?

3. Affiliate

Selain dua jenis usaha di atas, affiliate kini juga semakin banyak diminati oleh sebagian besar wiraswasta online. Jika dropshipping adalah sistem penjualan yang fisik barangnya terlihat, affiliate biasanya merupakan kerja sama yang bersifat online, misalnya berjualan e book orang lain dengan mengiklankannya lewat sosial media ataupun website yang kita punya. Dari hasil penjualan itu nanti kita akan mendapatkan komisi yang cukup besar. Biasanya program affiliate ini berkaitan dengan materi-materi internet marketing.

Tentu saja selain tiga usaha di atas, masih ada banyak bidang yang bisa dikembangkan ketika Anda memutuskan menjadi wiraswasta modal kecil. Yang terpenting adalah luruskan niat, berikhtiar sebaik mungkin dan jangan pernah lepas berdoa. Salam sukses!


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments