Browse By

3 Peluang Bisnis Rumahan Yang Bisa Anda Kerjakan Melalui Internet

Bagikan ke Sosial Media

Usaha Bisnis Sampingan

Usaha Bisnis Sampingan

Sebelum anda membaca lebih dalam tetang apa yang akan anda baca pada artikel kali ini, perlu saya tekankan bahwa peluang bisnis rumahan yang akan anda temui disini adalah bisnis rumahan yang bisa anda kerjakan melalui internet.

Disini saya tidak akan memberikan informasi list jenis bisnis rumahan yang sudah banyak dilakukan oleh sebagian besar orang saat ini, dimana jenis bisnis atau usaha yang dilakukan bisa disebut sebagai bisnis offline tidak akan anda temui disini, karena tentunya informasi jenis bisnis rumahan offline sudah bisa anda temukan di banyak website/blog dengan melakukan pencarian malalui Google search.

Mengapa saya lebih mengarahkan anda untuk melakukan bisnis rumahan melalui internet..? , karena dengan melalui internet anda akan bisa dengan mudah untuk menjalankan bisnis anda nantinya, baik dari segi waktu pengerjaan, tempat, dan tentunya modal awal yang cukup minim sehingga anda bisa mengerjakan semuanya dari rumah.

Dan jika anda benar-benar fokus dalam mejalankan bisnis online, tidak menutup kemungkinan usaha yang anda jalankan akan berkembang menjadi bisnis offline, dimana anda bisa memiliki tempat, baik berupa toko ataupun kantor dimana tergantung dari jenis usaha yang anda kembangkan.

Berikut ini 3 peluang bisnis rumahan yang saya rekomendasikan untuk anda yang masih pemula dimana belum memilik produk apapun, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk tidak bisa memulai bisnis online, namun dalam hal ini bisnis online tetap dapat anda lakukan dengan cara menjual produk orang lain terlebih dahulu.

1. Mengikuti program affiliate

Merupakan jenis program afiliasi atau keanggotaan, dimana program ini pada umumnya dibuat oleh perusahaan yang bisa dikatakan berskala besar dan memiliki kredibilitas atau kepercayaan tinggi dimata konsumen.

Dimana tugas anda disini adalah berfungsi sebagai seorang marketing atau sales atau bisa juga di sebut sebagai makelar, yang mempromosikan atau memberikan penawaran dari setiap produk yang mereka jual kepada pembeli.

Untuk komisi atau upah dari setiap produk yang berhasil anda tawarkan kepada pembeli dan sang pembeli tersebut akhirnya tertarik serta melakukan pembayaran biasanya dihitung dalam bentuk persentase, dimana untuk nilai persentase ini cukup bervariasi ada yang memberikan komisi dengan kisaran 4% hingga 6% dan ada juga yang memberikan komisi cukup besar yang berkisar antara 40% hingga 50% dari total harga pembelian dari setiap satu buah produk yang berhasil dijual.

Program affiliate atau afiliasi ini terdiri dari beberapa kategori, berikut ini ada 3 kategori yang bisa dikatakan paling populer atau paling banyak ditekuni oleh sebagian besar internet marketer lokal saat ini.

  • PPL (Pay per Lead)

PPL merupakan sebuah program afiliasi dimana anda akan mendapatkan komisi jika anda berhasil membawa seorang pengunjung melalui internet untuk melakukan pendaftaran suatu keanggotaan atau membership.

Untuk mengikuti program ini anda harus menjadi anggota terlebih dahulu dengan melakukan pendaftaran pada website yang akan anda promosikan tersebut, jika proses pendaftaran berhasil anda akan diberikan sebuah link khusus sebagai identitas dari keanggotaan anda.

Dimana dalam hal ini anda akan mendapatkan komisi jika berhasil membawa seseorang melakukan pendaftaran melalui link/refereal yang anda miliki.

  • PPS (Pay per Sale)

PPS merupakan sebuah program afiliasi dimana anda akan mendapatkan komisi jika anda berhasil membawa calon pembeli melalui internet untuk menawarkan produk, dan apabila pembeli tersebut melakukan pembelian maka anda akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan produk yang telah berhasil anda tawarkan tersebut.

Untuk mengikuti program ini anda juga wajib untuk menjadi anggota terlebih dahulu dan tentunya untuk menjadi anggota tidak di pungut biaya apapun, gratis..!

  • PPC (Pay per Click)

Mengikuti sebuah program afiliasi apapun termasuk program PPC maka anda akan disebut sebagai seorang publisher, mengapa demikian?, karena anda akan menampilkan iklan milik orang lain di website atau blog milik anda dan anda akan mendapakan komisi jika ada orang yang mengunjungi website atau blog milik anda dan melakukan klik terhdapat iklan yang tampil pada website atau blog milik anda.

Dan untuk mengikuti program ini tentunya anda harus mendaftarkan diri anda terlebih dahulu sebagai member/anggota dan nantinya anda akan memiliki sebuah akses ke suatu system agar bisa memonitoring komisi yang masuk ke anda dari setiap klik yang di lakukan oleh pengunjung website/blog yang anda miliki.

2. Mengikuti program drop shipping

Program dropship merupakan cara memasarkan produk orang lain, dimana tanpa harus melakukan stok barang terlebih dahulu. Kelebihan nya disini adalah anda hanya wajib memiliki lapak atau tempat berdangang secara online, baik berupa blog/website atau membuka lapak di media social seperti facebook, google plus, twitter dan lain sebagainya.

Untuk system dropship seperti ini bisa anda temui di pasar local karena di Indonesia untuk program seperti ini bisa di katakan sudah mulai cukup banyak, sehingga anda bisa memilih jenis produk apa saja yang bisa dijual sesuai dengan gairah atau passion anda.

3. Mengikuti program Reseller

Program reseller ini bisa dikatakan hampir sama dengan program dropship, dimana memiliki kesamaan menjual produk orang lain yang sebagian besar berupa barang (seperti pakaian, sepatu, aksesoris, tas, peralatan rumah tangga, kasur, bahan rajutan dan tentunya masih banyak lagi).

Dan perbedaan nya adalah pada program reseller anda harus membeli barang terlebih dahulu, atau men-stok barang yang anda minati yang nanti nya akan di jual lagi dengan harga yang lebih tinggi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Dalam program ini tentunya disarankan untuk membeli barang langsung kepada supplier pertama agar anda bisa mendapatkan harga yang benar-benar murah dan sudah pasti dengan syarat harus melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak, atau istilah umunya sering disebut dengan grosiran.

Bagi pemula yang ingin memulai bisa untuk mencoba program affiliate/afiliasi ataupun dropship terlebih dahulu, karena dengan mengikuti program ini anda akan bisa fokus pada proses marketing, sales atau proses penjualan saja.

 

Baca Selengkapnya :
Tips Bisnis Rumahan Jual Kue Onde-Onde Kreatif

Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments

  • http://cariuanglewatinternet.com/ Cariuanglewatinternet.com

    Yah, memang untuk memulai usaha harus melihat peluang…namun kemampuan untuk bisa melihat peluang akan tergantung dari seberapa banyak anda melakukan percobaan dan tentunya di bekali informasi yang cukup.

    Mengumpulkan banyak informasi di dunia bisnis dan di peraktekan, itu adalah hal yang sangat penting….

    Salam Online 🙂