Browse By

3 Payment Gateway yang Paling Dikenal di Indonesia

Bagikan ke Sosial Media

sourceĀ : pixabay

Seiring dengan melesatnya transaksi online dewasa ini, payment gateway muncul sebagai solusi pembayaran online dengan tingkat keamanan dan kecepatan yang cukup tinggi. Pembeli maupun penjual sama-sama diuntungkan dengan adanya aplikasi ini. Dengan menggunakan payment gateway, data-data pribadi dan penting berkaitan dengan nomor kartu, nomor rekening, hingga data transaksi dijamin keamanannya dari kesalahan transaksi maupun penyalahgunaan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Jasa payment gateway bisa digunakan untuk semua jenis transaksi online. Misalnya pembayaran belanja online dan pembayaran kartu kredit. Ada banyak kemudahan yang bisa diperoleh dari sistem yang diterapkan payment gateway ini.

Payment gateway melakukan konfirmasi otomatis setiap ada pembayaran atau transaksi. Konfirmasi ini diberikan kepada pihak penjual sebagai penerima pembayaran, dan juga ke pihak pembeli sebagai pemilik uang. Dengan cara ini, pembeli tidak perlu melakukan konfirmasi lagi kepada penjual. Pembeli tinggal menunggu kabar dari penjual mengenai barang yang akan dikirimnya. Begitu pula dengan pihak penjual, tidak perlu mengecek lagi untuk membuktikan aliran dana yang masuk. Apalagi jika ada banyak transaksi setaip harinya.

Berikut ini adalah payment gateway terkenal di Indonesia dengan jumlah pengguna paling banyak.

1. Doku

Doku termasuk pelopor payment gateway di Indonesia yang resmi online pada tahun 2013. Jumlah penggunanya semakin meningkat, baik dari pihak penyelenggara e-commerce maupun konsumen. Membludaknya peminat Doku karena payment gateway ini menyasar pebisnis online dari semua kalangan, mulai dari penjual online dengan sosial media, hingga website perusahaan besar.

Doku memiliki fitur layanan yang cukup lengkap, seperti pembayaran belanja online, pembayaran cicilan bulanan, pembayaran kartu kredit, transfer uang, dan mengirim uang lewat Facebook. Yang terakhir ini adalah fitur andalan Doku yang belum dimiliki payment gateway lainnya. Fitur ini merupakan hasil kerjasama Doku dengan Fastacash, payment gateway berbasis sosial media yang ada di Singapura.

Merchant besar yang telah bergabung dengan Doku antara lain adalah Electronic Solution, Kidzania, Dompet Dhuafa, Citi Trans, Alfa Online, Toko Buku Karisma, dan masih banyak lagi. Partner Doku sebagai payment gateway adalah Master Card, Visa, Citi Bank, Bank Mandiri, dan Paypal.

2. Veritrans

Veritrans telah bekerja sama dengan banyak merchant besar, seperti Berrybenka, Blitzmegaplex, Teknoup, Golfclick, Bandistro, dan masih banyak lagi. Kehadiran Veritrans membantu kelancaran dan kemudahan transaksi online. Manfaatnya sangat dirasakan oleh para merchant yang bergabung dan juga konsumen.

Ada dua fitur utama yang menjadi andalan Veritrans, yaitu VT Web dan VT Direct. VT Web ditanamkan pada halaman website merchant. Saat pembeli akan melakukan pembayaran dengan mengklik ikon VT Web, maka pembeli akan digiring langsung ke website Veritrans dan menyelesaikan pembayaran di sini.

VT Direct juga sama ditanamkan di website merchant, namun pembayaran bisa langsung diselesaikan di website ini tanpa harus menuju website Veritrans. Cara ini tentunya lebih praktis, memudahkan dan mepercepat proses pembayaran bagi konsumen. Namun, layanan VT Direct berbayar setiap bulannya sebesar Rp 2,9 juta. VT Direct memang diposisikan untuk merchant berskala besar, bukan merchant dari kalangan UKM maupun startup.

3. Ipaymu

Ipaymu banyak disukai leh para pebisnis online karena sangat mudah menggunakannya namun tetap aman. Merchant yang telah bergabung antara lain adalah Mizan store, Shoppingmagz, 2madison, Radnet, Zakat.or.id, Pesona Nusantara, dan masih banyak lagi.

Ipaymu memiliki fitur andalan cash on delivery yang biasa disingkat COD. Layanan ini sangat memudahkan konsumen karena pembayaran dilakukan di tempat pengiriman barang. Konsumen tidak perlu repot lagi, cukup menyediakan uang cash di rumah.

Fitur andalan lainnya adalah e-Wallet, yang melayani transfer antar bank berbeda. E-Wallet dibuat terintegrasi dengan website sehingga pemilik website tidak perlu menyediakan banyak nomor rekening dari bank yang berbeda-beda untuk mengakomodasi pembayaran oleh konsumennya. Dengan satu nomor rekening, bisa menerima aliran dana masuk dari sebanyak 137 bank. Konsumen merchant tidak diharuskan mendaftar menjadi anggota Ipaymu.

Dana yang masuk ke e-Wallet akan diterima oleh merchant secara real time. Ipaymu juga memfasilitasi merchant untuk bisa menerima pembayaran online dengan kartu kredit Mastercard dan Visa.


Bagikan ke Sosial Media

Comments

comments