Browse By

3 Media Sosial yang Paling Banyak Dipakai untuk Jualan

source : pixabay

Media sosial sejatinya digunakan untuk pertemanan, mempertemukan orang-orang lama maupun baru untuk menjalin komunikasi. Namun pada kenyataannya, fungsi sosial media lebh dari itu. Aplikasi ini tidak hanya digunakan untuk hal-hal yang bersifat sosial, tapi juga yang bersifat bisnis ekonomi. Ada begitu banyak aplikasi sosial media yang dimanfaatkan oleh individu maupun perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya.

Media sosial efektif untuk berjualan karena langsung menyasar pada pangsa pasar yang jumlahnya mencapai jutaan. Keuntungan lainnya adalah bahwa penggunaan aplikasi ini tidak dipungut biaya alias gratis. Berikut ini adalah 3 media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia untuk berjualan.

1. Facebook

Facebook termasuk media sosial terbesar dengan  jumlah unduhan mencapai 1 miliar kali di dunia. Jumlah pengguna sebanyak itu tentunya menjadi pangsa pasar yang menggiurkan untuk berbagai produk maupun jasa. Pengguna Facebook berasal dari latar belakang berbeda, baik dari segi usia, pekerjaan, daerah tempat tinggal, minat, dan sebagainya.

Pelaku bisnis online di Indonesia sudah dapat dipastikan memiliki akun Facebook sebagai salah satu media pemasarannya. Facebook disukai karena kaya akan fitur yang bisa digunakan untuk mendukung keperluan pemasaran. Kita bisa menulis dalam jumlah kata yang tidak dibatasi sehingga sangat leluasa untuk membuat narasi. Detail produk bisa dijelaskan lebih rinci.

Kita juga bisa memasang foto dalam jumlah tidak dibatasi. Setiap foto bisa dilengkapi keterangan yang diperlukan untuk menjelaskan hal-hal yang tidak tercantum pada foto. Semua foto yang kita unggah bisa diatur ke dalam folder album. Album ini berfungsi layaknya etalase toko, dibuat berdasarkan jenis atau kategori produk. Pembagian ini akan memudahkan pengunjung mencari produk yang diinginkan. Pada setiap foto, pengunjung bisa memberi komentar ataupun pertanyaan yang bisa langsung dijawab oleh pemilik akun.

Selain itu, Facebook memberi kita fasilitas berbagi video dan tautan menuju sebuah website.

2. Youtube

Youtube merupakan aplikasi berbagi video terbesar di dunia dengan jumlah unduhan mencapai 1 miliar kali. Setiap harinya, ribuan video ditonton dengan durasi hingga jutaan jam. Jumlah tersebut membuat banyak perusahaan berlomba memasang iklan. Pada setiap video yang akan ditonton, disisipi iklan di awal sebelum video mulai tayang. Perusahaan besar kelas dunia sekalipun, menggunakan Youtube untuk mempromosikan produknya.

Pelaku bisnis skala kecil pun tak ketinggalan. Promosi produk dalam bentuk video buatan sendiri banyak ditemukan di sini. Bentuk promosi pemasaran di Youtube kebanyakan berupa video how to, yaitu video yang menampilkan cara penggunaan suatu produk.

Penikmat Youtube adalah orang-orang yang menyukai kreatifitas. Semakin kreatif video yang dibuat, akan semakin banyak ditonton dan disukai orang.

3. Instagram

Instagram merupakan media sosial berbagi foto terbesar di dunia dengan jumlah unduhan mencapai 1 miliar kali. Aplikasi grtais ini diluncurkan pada tahun 2013. Dengan menggunakan Instagram, kita bisa terhubung dengan jutaan pengguna lainnya. Banyak pebisnis online Indonesia memanfaatkan aplikasi ini untuk memasarkan dan mempromosikan produknya.

Instagram sangat mudah digunakan sehingga memudahkan bagi pengguna pemula sekalipun. Aplikasi ini tergolong ringan sehingga tidak memberatkan memori smartphone. Pengguna Instagram  mayoritas dari kalangan remaja hingga dewasa muda. Perusahaan roduk atau jasa yang menyasar pasar kalangan muda, banyak yang mengandalkan aplikasi gratis ini untuk meraih minat pembeli.

Kita bisa mengunggah foto atau video yang bisa dilihat oleh para pengikut kita. Respon yang kita dapat dari pengikut bisa berupa tanda suka maupun komentar. Instagram juga memili fitur hastag yang merupakan kata kunci untuk mencari sesuatu.

Selain 3 media sosial tersebut, masih banyak media sosial lainnya yang juga digunakan untuk berjualan oleh para pelaku bisnis Indonesia. Misalnya Twitter, Path, Line, Kaskus, Pinterest, LinkedIn, dan sebagainya. Setiap aplikasi media sosial memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apapun aplikasinya, efektifitasnya dalam menjual produk sangat tergantung dari penjual yang menggunakannya.

Media sosial memang sudah lazim digunakan untuk berbisnis atau berjualan. Namun tetap perlu kebijaksanaan kita dalam berbisnis, jangan sampai mengganggu interaksi sosial kita di dunia maya.

Comments

comments